Menu

Yang Tidak Boleh Dibawa dalam Penerbangan

Mar 29 2016

Yang Tidak Boleh Dibawa dalam Penerbangan

Pergi ke Luar Negeri memang impian banyak orang, jika kamu adalah salah satunya, maka berbahagialah. Nah, buat kamu yang belum pernah ke luar negeri, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada waktu check-in di bandara. Apalagi bandara internasional, beuh… detil, masbro…

Demi keamanan dan keselamatan penumpang, ada peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi oleh para penumpang pesawat terbang, termasuk diantaranya peraturan mengenai benda-benda yang tidak boleh dibawa ke pesawat. Semua ketentuan mengenai barang-barang yang tidak bisa diangkut ke dalam pesawat sudah diatur oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) yang berlaku secara internasional.

  1. ALAT TUMPUL YANG DAPAT MENYEBABKAN POTENSI CIDERA
    Meski bukan benda tajam yang berbahaya, penumpang pesawat tidak boleh membawa benda-benda tumpul seperti pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard, papan ski, dan berbagai perlengkapan bela diri yang menyebabkan potensi cidera bagi penumpang lainnya ke dalam kabin pesawat. Peraturan maskapai penerbangan Indonesia menyatakan bahwa benda-benda ini wajib untuk disimpan di bagasi check in.
  2. BENDA-BENDA BERBAHAN GAS
    Setiap penumpang dilarang membawa barang-barang yang memiliki kandungan gas, seperti gas kimia oksigen, aerosol, cat semprot, dan benda-benda lain yang terkandung bahan gas. Seperti halnya bahan peledak, gas dapat memicu sebuah ledakan dan dapat mengancam jiwa penumpang jika berada pada tekanan tertentu. Tapi kentut masih boleh kok, tenang ajaaa…
  3. SEGALA BENTUK SENJATA DAN BENDA TAJAM
    Nah kalau yang ini pengalaman pribadi penulis waktu check-in di Bandara Udara Narita, Jepang. Harus ditahan petugas dan ditanya macam-macam sampai hampir ketinggalan pesawat karena ga sengaja bawa pisau multifungsi VICTORINOX yang isinya memang banyak, mulai dari gunting kuku, tang, obeng, termasuk juga pisau ada di dalamnya. Segala bentuk senjata tajam memang sudah lama dilarang untuk dibawa masuk ke dalam pesawat, seperti pisau, pedang, dan berbagai benda tajam lainnya ke dalam bagasi. Pelarangan ini juga berlaku untuk berbagai jenis senjata api, senapan, katapel, dan senjata mainan. Kategori benda tajam itu cukup ketat, barang-barang yang kelihatannya tidak berbahaya dan sepele seperti gunting kuku, gunting kecil, pinset alis, pisau cukur juga tidak boleh masuk ke dalam bagasi penumpang pesawat terbang. Sebaiknya barang-barang ini disimpan di dalam bagasi check in.
  4. SENJATA API DAN BAHAN PELEDAK YANG MEMBAHAYAKAN JIWA PENUMPANG
    Senjata tajam saja dilarang, apalagi senjata api. Jadi, untuk senjata api ada divisi penerbangan khusus yang mengangkut senjata api. Bukan di pesawat penumpang. Bahan peledak, zat yang mudah terbakar, zat kimia, dan racun seperti asam, alkali, zat korosif, bahan radioaktif. Khusus untuk bahan peledak, semua maskapai penerbangan Indonesia melarang keras untuk membawa barang ini ke dalam pesawat, baik bagasi check-in atau kabin pesawatnya. Jangan coba-coba ya, urusannya bisa panjang kali lebar. Sumpah deh.
  5. PRODUK YANG BERASAL DARI HEWAN
    Kenapa emang? ada masalah? yoiihhh… pernah denger bakteri pathogen? Nah, produk yang dihasilkan dari hewan dikhawatirkan memiliki bakteri Pathogen yang mudah menginfeksi. Oleh karena itu, maskapai penerbangan melarang keras para penumpang pesawat untuk membawa susu segar, daging segar, dan produk dari susu. Keju, misalnya.
  6. MEMBAWA ZAT CAIR LEBIH DARI 100 ML
    Para penumpang pesawat terbang tidak boleh membawa cairan dalam bentuk apapun yang lebih dari 100 ml per kemasan ke dalam bagasi kabin. Termasuk air minum? Yesss, pokoknya dalam bentuk apapun. Udah terlanjur beli Sake nih padahal. Simpan di bagasi check-in aja, Sob. Beres. Nah, untuk para wanita, peralatan-peralatan kosmetik yang berbentuk cairan, seperti sabun, shampoo, dan peralatan mandi lainnya (termasuk parfum) masukkan ke ziplock bag ya, lalu masukin koper saja untuk disimpan dalam bagasi check-in. Body spray ataupun produk kecantikan lain yang dikemas dalam tabung aerosol sebaiknya tidak usah dibawa, tekanan tinggi di pesawat bisa menyebabkan tabung aerosol meledak.
  7. KOREK API
    Kamu perokok? jika iya, segeralah untuk berhenti. tidak baik untuk kesehatan. Hehehehe… Tapi jika memang belum bisa berhenti, pada saat melakukan perjalanan jangan pernah bawa korek api masuk bagasi kabin. TIDAK BOLEH. Selain karena membahayakan, daripada korekmu disita lebih baik ditinggal saja di rumah, apalagi kalau korekmu semacam Zippo yang mahal bingit itu. Sayang kan? nanti beli lagi aja yang murah meriah di negara tujuan. Oke? Nah, gitu donggg…

Oh iya, kalau kamu naik JAL (Japan Air Lines), kamu bisa cek ukuran bagasi yang diijinkan di link ini. Jadi kamu bisa siapin barang bawaan semaksimal mungkin. Tapi ingat, sisain space kosong buat bawa oleh-oleh ya… Demikian sedikit tips dari saya. Semoga lancar ya perjalanannya. Have fuuunnn…

2 Comments

  • Clip Jepang March 29, 2016 at 6:53 pm

    Sangat Bermanfaat… Terima Kasih informasinya.

  • Andi March 29, 2016 at 6:55 pm

    Top…

Comments are closed.