Menu

[pro_ad_display_adzone id=”6746″]

Sewa Wifi

Buat kamu yang akan berkunjung ke Jepang, salah satu persiapan penting yang harus diperhatikan adalah tentang akses internet di Jepang. Pastinya kamu akan sangat memerlukan akses internet untuk berbagai keperluan seperti menggunakan aplikasi google maps, update & sharing moment di media sosial, melakukan komunikasi via aplikasi chatting, dsb. Jika disini kamu begitu mudah mendapatkan spot wifi gratis, maka tidak seperti hal-nya di Jepang. Spot wifi gratis di Jepang bisa dibilang sulit untuk didapatkan, apalagi di area umum. Sekalipun terdapat spot wifi gratis, hanya pemegang provider tertentu lah yang bisa mengakses wifi tersebut.

Namun tenang saja, salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyewa ‘Pocket Wifi Router’ atau sering juga disebut ‘Modem Wifi’. Tidak perlu bingung, disana kamu bisa menjumpai banyak  tempat penyewaan modem wifi. Modem itu bisa disewa di bandara sesaat setelah kita mendarat di Jepang, entah di Narita, Haneda, maupun Osaka.

Dimana Kita Bisa Menyewa Modem Wifi?

Ada cukup banyak tempat penyewaan wifi di Jepang, terutama di area bandara dan stasiun-stasiun besar. Kamu bebas memilih dimana akan melakukan penyewaan karena disana banyak sekali counter-counter yang bisa kamu jelajahi.

Sebenarnya, supaya lebih aman dan tidak repot, kamu juga bisa melakukan pemesanan modem wifi secara online sebelum berangkat ke Jepang. Kamu bisa mengunjungi beberapa situs website penyewaan wifi di Jepang, kemudian melakukan reservasi secara online. Untuk melakukan pemesanan secara online, kamu harus memiliki kartu kredit atau paypal sebagai metode pembayarannya. Jadi, begitu kamu tiba di jepang, kamu cukup mengambil modem wifi tanpa harus melakukan transaksi pembayaran.

Salah satu situs yang menawarkan jasa pemesanan sewa modem wifi secara online adalah http://japan-wireless.com/  Mereka menawaran beberapa variasi modem dengan tingkat kecepatan yang beragam. Untuk kuotanya, semua modem wifi yang mereka tawarkan adalah unlimited.

Berikut sedikit ulasan tentang tipe modem yang mereka tawarkan :

Mobile Wi-Fi Router 4G LTE by Y!mobile

Data usage                                   : Unlimited (Kecepatan akan berkurang setelah pemakaian kuota 10GB)

Kecepatan Maksimum               : 75 Mbps (Download)

25 Mbps (Upload)

Koneksi Perangkat                     : Max 10 perangkat

Daya tahan Baterai                     : 6 Jam

Nah, untuk biaya sewanya tidak dihitung per hari, tetapi disesuaikan dengan lama sewa. Makin lama sewa maka makin murah biayanya

Sebagai informasi, ini adalah rincian biaya sewanya. Semua harga dalam mata uang yen ya.

Rates (Japanese Yen)

DAY 1 2 3 4 5 6 7 8
PRICE 3,450 3,450 3,850 4,150 4,450 4,750 5,050 5,350
DAY 9 10 11 12 13 14 15 16
PRICE 5,650 5,950 6,250 6,550 6,850 7,150 7,450 7,750
DAY 17 18 19 20 21 22 23 24
PRICE 8,050 8,350 8,650 8,950 9,250 9,550 9,850 10,150
DAY 25 26 27 28 29 30
PRICE 10,450 10,750 11,050 11,350 11,650 11,950

Bagaimana? Cukup terjangkau, bukan? Jika kamu pergi bersama teman-teman dalam rombongan, maka harga sewa tersebut bisa dibilang cukup murah. Modem tersebut bisa dipakai sampai 10 perangkat dalam waktu yang bersamaan. Dibandingkan jika kamu menggunakan paket roaming data, sewa modem wifi ini bisa memberikan akses internet dengan biaya yang jauh lebih hemat.

Selain situs tersebut, masih ada situs website lainnya yang menyediakan penyewaan modem wifi, diantaranya :

http://globaladvancedcomm.com/

http://www.pupuru.com/en/

atau, jika kamu mau menyewa modem wifi langsung dari Indonesia, kamu bisa mengunjungi situs :

http://his-travel.co.id/sewa-wifi

http://sewawifi.com/

Bagaimana Proses Pemesanan Modem Wifi?

Jika kamu tidak mau repot dan lebih praktis, sangat disarankan untuk melakukan pemesanan secara online sebelum kamu berangkat ke Jepang. Sebelumnya, pastikan bahwa kamu memiliki Kartu Kredit atau account PayPal ya, karena metode pembayarannya hanya bisa dengan dua cara tersebut. Sekedar tips, supaya barangnya sudah ada ketika kamu sampai di Jepang sebaiknya pemesanan dilakukan H-3 kedatangan agar tidak mendadak. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pemesanan modem wifi :

  1. Buka situs website penyewaan modem wifi
  2. Pilih jenis modem wifi dan lama penyewaan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian kita akan diberitahu total biaya sewa plus ongkos antar. Kamu bisa memilih untuk antar ke Bandara atau ke Hotel tempat kamu menginap.
  3. Lakukan pembayaran dengan kartu kredit atau PayPal sesuai dengan jumlah yang tertera.
  4. Setelah pembayaran di-verifikasi, kamu akan menerima voucher pengambilan modem yang dikirimkan melalui email. Print out voucher tersebut dan dibawa saat melakukan pengambilan.
  5. Jika kamu memilih barang diantar ke Bandara, maka modem harus kamu ambil di Post Office Bandara. Setelah kamu mendarat, silahkan langsung mendatangi Post Office lalu tunjukan voucher pengambilan kepada petugas. Setelah itu, petugas akan mengambilkan modem wifi pesanan yang ditaruh di dalam sebuah amplop besar. Simpel dan cepat, bukan?
  6. Tidak perlu berlama-lama, kamu bisa langsung membuka dan menggunakan modem wifi tersebut bersama teman-teman kamu.

Bagaimana Cara Mengembalikan Modem Wifi?

Segala prosedur & pelayanan di Jepang memang dibuat sedemikian praktis sehingga tidak merepotkan orang lain, termasuk saat mengembalikan modem wifi yang sebelumnya sudah kamu pesan dan pakai. Pada saat kamu mengambil modem wifi yang ditaruh di dalam amplop, kamu juga akan diberikan 1 buah amplop besar untuk mengembalikan modem tersebut. Cukup masukkan modem wifi ke dalam amplop tersebut, lalu masukkan ke dalam kotak pos dimanapun di Jepang tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

clip jepang - sewa wifi 3

Sangat mudah bukan? Kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan amplop dan menuliskan alamat, karena pada amplop tersebut sudah ditulis alamat lengkap tempat pengembalian modem. Sungguh sangat praktis.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?