Menu

[pro_ad_display_adzone id=”6732″]

Proses Awal & Waktu

Paspor

Sebelum kamu berangkat ke Jepang, atau ke negara lainnya, pastikan kamu punya paspor, itu dulu yang paling penting. Baik itu paspor biasa maupun e-paspor. Apa bedanya ya dari kedua paspor ini? Perbedaannya adalah e-paspor telah memiliki chip di sampul depan paspor yang berwarna hijau. Dengan e-paspor ini, kamu bisa bebas visa selama 15 hari kunjungan wisata ke Jepang.

Klik link cara membuat paspor ini, untuk informasi selengkapnya.

2. Visa

Selanjutnya pengurusan visa. Terutama bagi pemilik paspor biasa, kamu harus melewati tahapan pembuatan visa dengan sabar dan semangat. Karena akan ada beberapa tahapan maupun persyaratan yang kamu harus punya untuk mendapat visa ke Jepang ini.

Namun sebelumnya kita kembali dulu ke pengertian visa itu sendiri, dimana visa disebut sebagai rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke Negara Jepang. Namun tidak menjadi jaminan dengan visa anda dapat masuk ke Jepang, karena keputusan terakhir adalah dari pihak Imigrasi Jepang saat mendarat di Jepang.

Kembali lagi ke proses pengurusan visa, berikut ini adalah dokumen atau aplikasi yang harus disiapkan:

  1. Paspor masih berlaku minimal 6 bulan kedepan
  2. Isi Formulir permohonan visa. Silahkan Download di website Kedutaan Besar Jepang
  3. Pasfoto terparu tentunya (ukuran 4,5 x 4,5cm dengan warna latar putih, harus fokus dan tanpa editan)
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (bila masih mahasiswa)
  6. Print-out bukti pemesanan tiket dan hotel
  7. Itinerary selama perjalanan di Jepang/ jadwal perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar dari Jepang), harus menggunakan formulir itinerary yang disediakan.
  8. Apabila melakukan perjalanan dengan keluarga atau pasangan, harus menyertakan fotokopi dokumen kartu keluarga, akta lahir atau akta nikah.
  9. Fotokopi dokumen yang berhubungan dengan biaya perjalanan
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Surat referensi dari bank tempat kita menabung
  • Surat referensi dari kantor yang menyatakan akan kembali bekerja dalam waktu yang ditentukan.
  1. Tempat Pengajuan Visa Jepang

Tempat untuk mengurus visa Jepang berada di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau kantor konsulat Jepang di beberapa kota, seperti di Surabaya, Denpasar, Makassar dan Medan. Untuk info alamat lengkap beserta nomor telepon dapat mengunjungi website Kedutaan Besar Jepang.

  1. Waktu Pelayanan

Waktu pelayanan di Kedutaan Besar Jepang:

Hari Senin – Jumat, (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan)
– Pengajuan Permohonan Visa : 08:30 – 12:00.
– Pengambilan Paspor : 13:30 – 15:00.

  1. Biaya Pengajuan Visa Jepang
Harga VISA (per 1 April 2016):
Harga Lama Harga Baru
1.Visa Single Entry Rp 330,000,- Rp 330,000,-
2.Visa Multiple Entry Rp 660,000,- Rp 660,000,-
3.Visa Transit Rp 80,000,- Rp 80,000,-
  1. Lama Proses Pembuatan Visa Jepang

Proses pembuatan visa Jepang adalah selama empat hari, Sebagai contoh: Kamu masukkan aplikasi hari Senin, maka Kamu dapat cek permohonan tersebut hari Kamis.

Disarankan agar kamu datang lebih pagi karena akan melewati proses antrian yang panjang. Namun apabila tidak dapat hadir sendiri, dapat diwakilkan. Contohnya satu keluarga ingin ke Jepang, yang memasukkan aplikasi atau dokumen dapat diwakili hanya Ayah atau Ibu. Selain itu dapat juga menggunakan agen tur.

  1. Proses Pengambilan Visa

Sama halnya saat awal membuat aplikasi, saat pengambilan visa ini juga kamu harus melalui proses antrian bedanya hanya cuaca yang kalau tidak hujan siap-siap dengan panasnya terik matahari. Dan diharapkan datang sebelum jam makan siang selesai. Biasanya pintu Kedubes Jepang baru dibuka tepat pukul 1 siang.

Berikut ini foto suasana antrian di Kedubes Jepang