Menu

[pro_ad_display_adzone id=”6732″]

Ada 4 musim yang menakjubkan di Jepang yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Iklim luar biasa ini menjadi hal yang sangat disenangi bagi para wisatawan di Jepang. Silahkan memilih pakaian apa yang cocok dibawa sesuai musim dan temperatur. Informasi terkait musim dan temperatur ini merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan sebelum travelling.

Berikut ini adalah informasi musim di kota yang paling sering dikunjungi warga Indonesia saat travelling ke Jepang.

Musim Semi Maret – Mei

Hari pertama di bulan Maret adalah saat bunga Plum pertama kali mekar dan akan berakhir Mei. Mekarnya Pohon Plum dan Sakura secara bersamaan. Musim semi seakan lahirnya kembali alam sehingga seluruh warga merayakannya. Pada musim semi ini Jepang sangat padat wisatawan untuk menikmati keindahan bunga sakura. Cuaca sangat bersahabat dan tak terlalu panas, hanya sering kali turun hujan dan bila malam tiba cuaca menjadi dingin.

Suhu rata-rata di beberapa kota pada bulan Maret – Mei.

No Nama Kota Maret April Mei
1 Sapporo 11° 17°
2 Tokyo 18° 13° 23°
3 Osaka 20° 13° 24°

Musim Panas Juni – Agustus

Musim panas dikenal dengan musim menanam dan seluruh Jepang diselimuti warna hijau tumbuh-tumbuhan. Untuk menyemarakkan suasana musim panas ini kerap sekali warga Jepang mengadakan pesta kembang api untuk menghiasi langit di malam hari. Bila melakukan wisata di musim panas ini usahakan menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Pakailah pakaian berwarna putih untuk menagkal cahaya matahari.

Suhu rata-rata di beberapa kota pada bulan Juni – Agustus

No Nama Kota Juni Juli Agustus
1 Sapporo 21° 25° 26°
2 Tokyo 25° 29° 31°
3 Osaka 27° 31° 33°

Musim Gugur September – November

Saatnya panen adalah kata yang paling tepat di musim gugur ini, dan yang tidak kalah indahnya adalah disaat semua daun penuh dengan warna. Daun yang berubah menjadi sangat terang seperti  merah, emas, kuning dan tembaga adalah ciri memasuki musim gugur ini. Warna-warni musim gugur di Jepang ini sangat mempesona. Momiji harus anda saksikan di musim gugur ini. Semua warna-warni ini adalah komposisi alami yang luar biasa. Saat musim gugur ini warga Jepang banyak mengadakan acara seperti sepak bola dan juga pesta budaya.

Suhu rata-rata di beberapa kota pada bulan September – November

No Nama Kota September Oktober November
1 Sapporo 22° 16°
2 Tokyo 27° 22° 17°
3 Osaka 29° 23° 17°

Musim Dingin Desember – Februari

Musim dingin di Jepang tidak terlalu berat apalagi disaat matahari menyinari dengan cerahnya dan dihiasi langit yang sangat biru. Sangat berbeda di bagian utara yang begitu ekstrim. Banyak sekali festival budaya diadakan di musim ini sehingga wisatawan dan penduduk dapat secara bersama-sama menikmati patung salju. Bagi beberapa wisatawan cuaca bersalju dan berangin ini akan sedikit menggangu, namun bagi wisatawan lainnya justru menyenangkan. Namun sangat perlu diperhatikan mengenai persiapan pakaian di musim ini. Jangan sampai salah kostum.

Suhu rata-rata di beberapa kota pada bulan Desember – Februari

No Nama Kota Desember Januari Februari
1 Sapporo -1°
2 Tokyo 12° 10° 10°
3 Osaka 12°