Menu

Jembatan Tol Akashi Kaikyo

Description

Description

Jembatan Akashi Kaikyo adalah jembatan gantung diatas selat Akashi yang menghubungkan Maiko,Kobe dengan Awaji,Jepang. Jembatan Akashi Kaikyo juga dikenal dengan sebutan Pearl bridge (Jembatan Mutiara) karena di waktu malam hari banyak gemerlap lampu yang beraneka warna. Jembatan ini mempunyai panjang 1.990 meter dan termasuk dalam jembatan terpanjang di dunia.

Dahulu sebelum jembatan tersebut di bangun masyarakat masih menggunakan sarana transportasi kapal feri untuk menyeberang. Pembangunan jembatan Akashi Kaikyo dimulai tahun 1988 dan dibuka untuk umum pada tanggal 5 April 1998 dan hanya untuk dilewati kendaraan bermotor saja. Alasan mengapa jembatan tersebut dibangun karena marahnya masyarakat saat terjadinya tabrakan antara 2 kapal feri akibat cuaca buruk di laut pedalaman Seto sehingga memakan banyak korban dan saat itu banyak anak-anak sekolah yang sedang studi wisata akhirnya meninggal.

Jembatan Penyeberangan Akashi Kaikyo dirancang agar bisa bertahan dari gempa bumi hingga 8,5 Skala Ritcher, derasnya arus laut di selat Akashi serta tiupan angin kencang hingga kecepatan angin maksimum 286 km/jam dengan menghabiskan biaya pembangunan 5 miliar dolar AS yang diharapkan bisa balik modal dengan memberlakukan tarif tol yang mahal. Terdapat pula museum mengenai jembatan Akashi Kaikyo yang berada di taman terletak di sisi Maiko.

Wisatawan juga bisa naik keatas jembatan untuk menyaksikan pemandangan laut selat Akashi. Menuju Taman Maiko anda dapat mencapainya menggunakan kereta JR dan juga kereta Sanyo Dentetsu. Jembatan Akashi Kaikyo juga dirancang oleh desainer iluminasi bernama Ishii Motoko yang merancang konsep lampu jembatan dapat berubah sesuai jam, hari, dan musim.

Warna-warni lampu di jembatan Akashi Kaikyo berwarna hijau saat musim semi, berwarna biru saat musim panas, berwarna merah saat musim gugur, dan berwarna kuning saat musim dingin. Untuk warna pelangi ditampilkan satu jam sekali dan warna batu mulia setiap setengah jam. Gemerlap lampu juga dapat disaksikan sampai jam 12 tengah malam. Di Jembatan Tol Akashi Kaikyo setahun sekali juga memperingati Gempa Bumi Hanshin setiap tanggal 17 Januari dengan menampilkan lampu-lampu berwarna putih yang berarti tanda berduka.

Terdapat 2 Museum di sisi Jembatan :
1. The Bridge Exhibition Centre yang berisi informasi tentang perencanaan dan pembangunan jembatan dan jembatan lain di seluruh dunia. Bridge Exhibition Centre buka pukul 09.15-17.00 dan beberapa variasi musiman. Libur pada hari senin kedua setiap bulan Oktober hingga Maret dan 29-31 Desember dengan harga tiket masuk sekitar 310 yen.

2. The Maiko Marine Promenade yang berisi lorong observatorium berada dibawah jembatan untuk menawarkan para wisatawan pemandangan Selat Akashi dengan menggunakan lift. Buka pukul 09:00-18.00 dan sampai 19:00 selama liburan musim panas. Libur pada hari senin kedua setiap bulan Oktober hingga Maret dan 29-31 Desember dengan harga tiket masuk 250 yen (300 yen untuk hari libur nasional dan akhir pekan).

Contact

Contact
  • Address
    Higashimaikocho, Tarumi Ward, Kobe, Hyōgo Prefecture 655-0047, Jepang
  • Category
    Lain-lain
  • Location
    Hyōgo

Informasi Tambahan

Informasi Tambahan
  • Prefektur
    Hyogo
  • Nama Kota
    Kobe

Location

Jembatan Tol Akashi Kaikyo
Get directions

Contact

Jembatan Tol Akashi Kaikyo
  • By Febriana Ay Permatasari
  • Email: febrianaayupermatasari@gmail.com

Nama (*)

Username (*)

Alamat Pengiriman Gift(*)

Telepon (*)

E-mail (*)

Events

Jembatan Tol Akashi Kaikyo
No Events Found

Ratings

Jembatan Tol Akashi Kaikyo

Berikan Rating

0

0 Total
Deskripsi
Artikel
0.0%