Menu

Gunkanjima

Description

Description

Gunkanjima terletak sekitar 20 kilometer dari Pelabuhan Nagasaki, sebuah pulau kecil yang berfungsi sebagai tambang batu bara hingga tahun 1974.

Pulau ini hanya memiliki panjang sekitar 480 meter dengan luas 150 meter. Dengan pulau sekecil itu, penghuninya pernah hingga mencapai lebih dari 5000 penduduk. Ini baru luar biasa, karena telah tercatat dalam sejarah dunia yang menghasilkan kepadatan penduduk tertinggi.

“Gunkanjima” diartikan sebagai “pulau kapal perang”, sedangkan nama resmi pulau ini adalah Hashima. Bayangin nih, untuk menampung begitu banyak orang di pualu kecil ini, setiap sebidang tanah dibangun hingga menyerupai kapal perang besar.

Pada tahun 1810, masa pemerintahan feodal Saga inilah yang berkuasa dan pertama kali menemukan batubara di Gunkanjima. Segera setelah penemuan ini, lalu dilanjutkan dengan membuat industri tambang sekitar akhir tahun 1800-an. Segera setelah pembukaan industri pertambangn ini, Mitshubishi Corporation langsung membelinya.

Semakin hari, kian bertambah penduduk di pulau ini. Para pekerja mulai dari Manajer hingga keluarga menyebut pulau itu sebagai rumah mereka. Kehidupan di pulau ini juga memiliki khas tersendiri. Setengah dari pulau itu digunakan khusus untuk pekerjaan tembang, dan lainnya dijadikan sebagai tempat tinggal, restoran, sekolah, pertokoan, rumah sakit dan lainnya.

Penduduk harus meninggalkan pulau Gunkanjima dan segala bangunannya karena tambang yang sudah ditutup pada bulan April tahun 1974. Sejak saat itu, bangunan di pulau ini semakin memburuk karena berbagai hal yang terjadi oleh alam, seperti angin topan. Itu terjadi selama bertahun-tahun, sehingga tempat ini menampilkan suasana yang menakutkan. Karena bahaya struktur bangunan yang bisa runtuh, sehingga Gunkanjima ditutup untuk umum selama bertahun-tahun dan hanya bisa dilihat melalui kapal pesiar wisata dengan mengelilingi pulau.

Tahun 2009, akhirnya tur ke Gunkanjima dibuka untuk umum dengan membangun dermaga untuk kapal wisata. Peserta wisata harus mengikuti pemandu wisata karena bahaya reruntuhan bangunan. Untuk berada di Gunkanjima, bisa menggunakan kapal dari Nagasaki dengan jarak tempuh sekitar 50 menit. Selema perjalanan ini, akan melewati pulau-pulau dan pabrik pembuatan kapal Mitshubishi. Tentunya pemandangan ke arah kota juga tidak kalah indahnya saat berada di kapal.

Ada banyak kapal tur yang beroperasi setiap harinya dari Pelabuhan Nagasaki. Dari Stasiun Nagasaki, gunakan trem di jalur 1 ke pemberhentian Ohaho Trem dengan waktu tempuh sekitar 3 menit. Lalu berjalan kaki ke Pelabuhan Nagasaki.

Beberapa layanan wisata dengan kapal ini biasanya dikenakan sekitar 3400-4500 yen per orang. Dengan catatan, jika sedang cuaca buruk atau ombak yang besar mungkin tidak ada layanan ke Gunkajima.

Contact

Contact
  • Category
    Park
  • Location
    Nagasaki
  • Tags
    Islands, Japan, jepang, Travel

Informasi Tambahan

Informasi Tambahan
  • Prefektur
    Nagasaki

Location

Gunkanjima
Get directions

Contact

Gunkanjima
  • By Martin Hutagalung
  • Email: galoenkmarten@gmail.com

Nama (*)

Username (*)

Alamat Pengiriman Gift(*)

Telepon (*)

E-mail (*)

Events

Gunkanjima
No Events Found

Ratings

Gunkanjima

Berikan Rating

0

0 Total
Deskripsi
Artikel
0.0%