Menu

FESTIVAL TAMASESERI: Sang Bola Berlapis Keberuntungan

Description

Description

Siapa yang tidak senang mengunjungi festival atau perayaan yang unik? Di era digital ini, orang mencari kesenangan untuk menghibur diri baik di dalam angan maupun realita. Festival, perayaan atau event menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan kesenangan, kepuasaan, hingga eksistensi diri. Festival domestik hingga internasional tentunya dapat menarik minat para wisatawan. Hal ini dapat kita saksikan pada festival berskala internasional, Jepang menjadi negara yang dikenal memiliki festival unik dan variatif setiap bulan. Sungguh menarik bukan? Selain itu, pada tiap bulan diadakan festival yang berdasarkan pada tanggal, antara lain festival Tamaseseri.

FESTIVAL TAMASESERI

Kuil Hakozaki

Pada tanggal 3 Januari, di Fukuoka diadakan festival Tamaseseri (Ball-Catching Festival). Tamaseseri adalah ritual meriah selama liburan Tahun Baru. Festival ini diadakan di kuil-kuil, salah satu yang terkenal adalah kuil Hakozaki. Kuil Hakozaki adalah salah satu dari tiga tempat suci utama Dewa Hachiman dan merupakan cagar budaya nasional.
Legenda
Festival Tamaseseri berasal dari cerita legenda Ryujin yang mempersembahkan dua bola kepada Empress Jingu (170-260). Ryujin adalah dewa para naga yang hidup di laut. Dikisahkan bahwa Ryujin memiliki sebuah permata yang berasal dari seorang pangeran. Sang pangeran berusaha menemukan kembali permata tersebut hingga bertemu dengan wanita pencari permata dan menikah dengannya. Mereka memiliki anak yang kemudian dikenal dengan putri Tamatori. Sang putri melanjutkan perjalanan pangeran untuk mencari permata. Putri Tamatori berhasil menemukan permata dan menyembunyikannya di dalam dadanya setelah membuat sang naga tertidur karena permainan musiknya.

Ritual
Para umat pria berkompetisi untuk mendapatkan bola kayu (takara-no-tama) seberat 8 kg dengan diameter 30 cm. Mereka yang menggunakan pakaian seperti pakaian sumo (Celana atau loincloths) dibagi menjadi dua tim untuk memperebutkan bola. Tim tanah atau Land team mewakili mereka yang bekerja di tanah, petani dan Sea team atau nelayan yang bekerja di laut. Bola tersebut sebelumnya sudah dimurnikan menjadi Yang dan Yin. Yan sebagai simbol maskulinitas dan Yin simbol femininitas. Ritual dimulai pada pukul satu siang. Anak-anak membawa bola Yang dari kuil Tamatori Ebisu ke arah kuil Hakozaki kemudian diserahkan kepada laki-laki dewasa yang sudah menunggu ditengah jalan. Kemudian orang-orang mulai memperebutkan bola dengan diiringi teriakan Oisa! Oisa! Keriuhan juga menguasai penonton. Mereka berjalan sejauh 8 kilometer diiringi dengan percikan air oleh pengarak bola. Air tersebut membasahi sekujur tubuh mereka. Bola yang mereka perebutkan diyakini dapat membawa keberuntungan.
Orang yang berhasil mengangkat bola ke atas kepalanya akan menghasilkan rezeki melimpah, misalnya pemenangnya Land team maka diyakini akan panen raya atau jika Sea team akan mendapat tangkapan besar. Kemeriahan festival ini menarik perhatian para wisatawan dan penduduk lokal. Jadi, silahkan anda mencocokkan jadwal travelling anda agar dapat ikut serta dalam keseruan festival Tamaseseri. Nantikan festival selanjutnya di bulan Januari. Jangan lupa bahagia 

References

http://www.jnto.go.jp/eng/location/festivals/

http://mail.yokanavi.com/eg/landmark/index/207

http://www.japan-talk.com/jt/new/6-Japanese-dragons

Tamaseseri Festival

Contact

Contact
  • Address
    Hakozaki Shrine
  • Category
    Festival / Events
  • Location
    Fukuoka

Informasi Tambahan

Informasi Tambahan
  • Prefektur
    Higashi-ku
  • Nama Kota
    Fukuoka City

Location

FESTIVAL TAMASESERI: Sang Bola Berlapis Keberuntungan
Get directions

Contact

FESTIVAL TAMASESERI: Sang Bola Berlapis Keberuntungan
  • By baity baitii
  • Email: baity.sb08@gmail.com

Nama (*)

Username (*)

Alamat Pengiriman Gift(*)

Telepon (*)

E-mail (*)

Events

FESTIVAL TAMASESERI: Sang Bola Berlapis Keberuntungan
No Events Found

Ratings

FESTIVAL TAMASESERI: Sang Bola Berlapis Keberuntungan

Berikan Rating

0

0 Total
Deskripsi
Artikel
0.0%