Menu

World Heritage

Jepang diberkati dengan kekayaan alam dan keindahan di setiap musim yang berbeda. Tidak hanya itu saja, kebudayaan dan tempat-tempat menakjubkan dapat ditemukan di berbagai tempat di Jepang. Oleh karena itulah, beberapa tempat di Jepang diberi penghargaan oleh UNESCO sebagai World Heritage atau Warisan Dunia.

1

Horyu-ji Area

Horyu-ji Temple terdaftar sebagai situs warisan dunia pertama di Jepang pada tahun 1993. Bangunan kayu tertua di dunia ini tidak hanya menggambarkan seni arsitektur Budha Cina dengan tata letak budaya Jepang, tetapi juga sejarah agama.

2

Himeji-jo

Penampilan dinding berwarna putih nan elegan dari Himeji Castle, serta beberapa atap bertingkatnya membuat benteng ini menjadi benteng paling spektakuler di Jepang. Himeji Castle adalah contoh arsitektur terbaik sejak abad ke-17 yang dihubungkan oleh serangkaian gerbang dan jalan yang berkelok-kelok.

3

Yakushima

Yakushima terletak di Pulau Yaku, Prefektur Kagoshima yang dikenal dengan hutan kuno dengan suhu yang hangat serta curah hujan yang banyak. Ada banyak pohon dengan akar yang panjang dan bentuknya aneh. Usia pohon di sini cukup beragam. Ada yang berusia 1000 tahun, atau bahkan 7000 tahun.

4

Shirakami-Sanchi

Pegunungan yang mencapai ketinggian 1000 m dengan temperatur cuaca yang sejuk, memiliki banyak lembah, sungai dan air terjun, menjadi habitat bagi spesies burung langka seperti burung pelatuk dan beruang juga. Hutan ini dianggap sebagai hutan yang masih perawan.

5

Historic monuments of ancient kyoto

Kyoto merupakan pusat budaya Jepang selama lebih dari 1000 tahun, yaitu hingga pertengahan abad ke-19. Terdapat 13 candi, 3 kuil dan kastil Nijo yang semuanya terdaftar sebagai situs warisan dunia. Selain itu, ada pula “Kinkaku-ji” atau Golden Pavilion yang dibangun pada tahun 1224.

6

Historic Villages of Shirakawa-go & Gokayama

Tahun 1995, pedesaan di pegunungan terpencil di Shikarawa-go dan Gokayama  terdaftar sebagai situs warisan budaya. Rumah-rumah tradisional dengan rumah gassho-nya yang berdiri berdampingan sungguh indah, seperti dalam dongeng.

7

Hiroshima Peace Memorial Museum

Bangunan yang tetap berdiri sampai saat ini sejak bom meledak adalah A-Bomb Dome. Bukan hanya sebagai simbol, A-Bomb Dome juga mengungkapkan harapan untuk perdamaian dunia dan penghapusan semua senjata nuklir di dunia.

8

Itsukushima Shinto Shrine

Terletak di pulau Itsukushima (populer juga dengan nama pulau Miyajima). Kuil ini dikenal di seluruh dunia dengan gerbang torii yang ikonik yang terlihat mengambang di atas air ketika air laut pasang. Di dalam kompleks kuil juga terdapat panggung pentas noh.

9

Historic Monuments of Ancient Nara

Nara pernah menjadi ibukota Jepang dari tahun 710 hingga 784. Monumen bersejarah kuno Nara ini merupakan saksi atas evolusi arsitektur Jepang. Terdapat 6 kuil terkenal di Nara, yaitu Todaiji, Kasuga Taisha, Kofukui, Yakushiji, Toshodaiji dan Gangouji.

10

Shrines and Temples of Nikko

Kuil dan candi Nikko, bersama-sama dengan alam sekitar selama berabad abad telah menjadi tempat suci yang dikenal dengan karya arsitektur dan juga dekoratif. Kuil dan candi ini terkait erat dengan sejarah Shoguns Tokugawa.

11

Gusuku Sites and Related Properties of the Kingdom of Ryukyu

Lima ratus tahun sejarah Ryukyu (abad ke-12 ke-17) yang diwakili oleh beberapa tempat dan monumen. Reruntuhan kastil, mambuatnya harus ditinggikan dan ini adalah suatu bukti struktur sosial pada periode itu.

12

Sacred Sites and Pilgrimage Routes in the Kii Mountain Range

Tempat ini terletak di hutan lebat pegunungan Kii yang menghadap ke Samudera Pasifik. Dengan berkelimpahan sungai dan air terjun dimana ini masih bagian dari budaya Jepang untuk tujuan ritual dan hiking. Tempat ini dikunjungi sekitar 15 juta pengunjung setiap tahunnya.

13

Shiretoko

Shiretoko National Park terletak di Semenanjung Shiretoko, Hokkaido timur. Semenanjung ini menjadi rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk beruang cokelat, rusa dan rubah. Tempat ini menjadi taman nasional Jepang yang paling indah dan masih alami.

14

Iwami Ginzan Silver Mine and its Cultural Landscape

Iwani Ginzan adalah tambang perak bersejarah di pegunungan Oda City Prefektur Shimane. Tambang ditemukan pada abad ke-16 dan ditambang selama hampir 100 tahun. Pelestarian dan revitalisasi menjadikan Iwani Ginzan masuk daftar situs Warisan Dunia pada bulan Juli tahun 2007.

15

Ogasawara Islands

Terdapat lebih dari 30 pulau berkerumun di tiga kelompok dengan luas sekitar 7.939 hektar di kepulauan Ogasawara. Pulau-pulau yang menawarkan berbagai lansekap ini menjadi rumah bagi berbagai fauna. Ada lebih dari 440 spesies tumbuhan dan beragam jenis burung yang hampir punah.

16

Hiraizumi – Temples, Gardens and Archaeological Sites Representing the Buddhist Pure Land

Candi, Kebun, Tempat Arkeologi yang mewakili tanah murni Buddha dan Gunung Suci Kinkeisan yang tercatat sebagai warisan dunia pada tahun 2011. Hiraizumi terletak di prefektur Iwate, Jepang. Terdapat juga bangunan kantor-kantor pemerintah sejak abad ke-11 dan ke-12.

17

Fujisan, sacred place and source of artistic inspiration

Keindahan Gunung Fuji yang sering tertutup salju sering menjadi objek inspirasi seniman dan penyair. Fujisan diakui secara internasional sebagai ikon dari Jepang yang memiliki dampak mendalam pada perkembangan seni.

18

Tomioka Silk Mill and Related Sites

Properti bersejarah dari tempat ini adalah pabrik sutra yang didirikan pada abad ke-20 , prefektur Gunma. Tempat ini meggambarkan keinginan Jepang untuk cepat mengakses teknik produksi massal terbaik dan menjadi situs warisa dunia pada tahun 2014.

19

Sites of Japan’s Meiji Industrial Revolution: Iron and Steel, Shipbuilding and Coal Mining

Tempat ini mencakup sekitar dua puluh tiga bagian komponen, termasuk industri pengembangan besi dan baja, galangan kapal dan batu bara yang menggambarkan proses dimana feodal Jepang transfer teknologi dari Eropa dan Amerika.