Menu

Winter di Jepang

Tips Travelling Musim Dingin Selama 7 Hari di Jepang

 Winter di Jepang sangat menyenangkan. Sebelum kamu berangkat ke  Jepang saat musim dingin, tentunya pasti sudah punya rencana mau pergi kemana saja. Tips dari  Clip Jepang kali ini khusus buat kamu yang ingin Explore  Jepang selama 7 hari saat Winter di  Jepang. Kota yang bisa kamu jalani antara lain adalah kota Hakodate, Sapporo, Tokyo, Yokohama, Kanazawa dan Hakone.

Tempat Wisata menarik yang bisa kamu kunjungi selama 7 hari seperti : Hakodate Morning Market, Shiroi Koibito, Odori Park, Sapporo Clock Tower, Otaru Canal, Shinjuku, Shin-Yokohama Rāmen Museum, AQUA CiTY ODAIBA, 21st Century Museum of Contemporary Art, Higashi Chaya District, Kanazawa Castle, Owakudani, Yoyogi Park.

Shiroi Koibito
Odori Park
Otaru Canal
Shinjuku
Shin-Yokohama Rāmen Museum
AQUA CiTY ODAIBA
21st Century Museum of Contemporary Art
Higashi Chaya District
Kanazawa Castle
Hakone Ropeway
Fuji San

Langsung saja!

Kamu bisa pilih bandara kedatangan yang ada di Tokyo yaitu antara  Bandara Narita atau  Bandara Haneda. #ClipJepang akan bagi tips perjalanan dari  Bandara Soekarno-Hatta Jakarta ke  Bandara Haneda atau disebut dengan Haneda Airport (羽田空港, Haneda Kūkō, HND).

Setibanya di Bandara Haneda, kamu akan mulai melihat keunikan-keunikan disekitar yang bahkan mungkin belum pernah ada di Indonesia atau Jakarta. Mulai dari mesin untuk beli tiket kereta, sistem tap-in gate yang super cepat hingga toilet dengan teknologinya.

Di area  Bandara Haneda, kamu bisa langsung akses internet dengan menggunakan free #WiFi. Ambil buku petunjuk bandara untuk dapat informasi setiap lantai area dan ambil juga buku petunjuk penggunaan free WiFi.

Area kedatangan adanya di lantai 2F. Setelah ambil barang bagasi bisa langsung ke lobi kedatangan. Disini kamu harus teliti sebelum melanjutkan perjalanan. Selanjutnya kamu harus menuju stasiun Tokyo atau disebut  Tokyo Station (東京駅, Tōkyō-eki).

#DAY1

Agar waktu perjalanan kamu dipergunakan secara efektif, segera cetak atau tukar tiket JR Pass kamu di JR East Travel Service Center. Saat penukaran tiket ini kamu hanya isi 1 lembar form dan siapkan paspor asli.

Ingat! JR Pass ini hanya bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang, di Agen Travel JR Pass resmi seperti JTB. Baca juga cara beli tiket JR Pass.

Sebelum memulai pembelian, pilih bahasa terebih dahulu. selanjutnya lihat pilihan stasiun tujuan dan pilih  Stasiun Hamamatsucho. Karena dari stasiun ini kamu harus transit lagi ke  Stasiun Tokyo.

Harga akan tertera pada layar dan pilih sesuai kebutuhan. Masukkan uang pecahan yang diperbolehkan di mesin lalu ambil tiket dan juga ambil uang kembalian jika ada.

Masukkan tiket di tap-gate. Dalam hitungan detik (sangat cepat) tiket akan keluar pada mesin tap-gate arah keluar dan kamu bisa ambil tiket sambil berjalan. Lalu naik ke lantai 3F untuk menaiki jenis monorail yang sudah tertera di tiket. Waktu tempuh ke stasiun Hamamatsucho hanya sekitar 28 menit.

*note: jangan melewati gate tanpa menggunakan tiket, ada palang sensor otomatis.

Setelah tiba di  Stasiun Hamamatsucho, Lanjutkan perjalanan dengan menggunkan Tohoku Shinkansen menuju  Stasiun Tokyo. 

Perjalanan menuju Stasiun Tokyo ini akan menempuh waktu sekitar 25 menit. Dimana kamu akan melihat stasiun super sibuk, dan sangat ramai. Hati-hati dengan barang bawaan mu agar tidak tercecer.

Setelah tiba di  Stasiun Tokyo, langsung ke bagian JR Pass Service Center untuk booking seat perjalanan kamu menuju  Stasiun Shin-Hakodate, Hokkaido.

Apabila masih ada waktu sebelum menaiki #Shinkansen dari Tokyo menuju Hokkaido, kamu dapat menikmati santapan khas Jepang yang ada di stasiun.

Selama perjalanan ini, kamu bisa melihat keindahan Jepang dan akan menempuh perjalanan sekitar 4 jam 30 menit. Sebelum masuk ke Hokkoaido, akan melewati tunnel bawah laut terpanjang di dunia (Seikan Tunnel).

Setelah tiba di  Stasiun Shin-Hakodate, kamu bisa beristirahat sejenak di hotel terdekat. Ada banyak hotel di dekat area stasiun, salah satunya adalah Hotel Tetora Ekimae dimana hotel ini menjadi hotel tim Clip Jepang saat berada di Hakodate.

Selanjunya, kamu bisa menikmati udara segar di area hotel dengan berjalan-jalan sambil mencari makanan khas Hakodate. Di musim dingin terlihat banyak sekali lampu hias di dekorasi yang disebut dengan “Winter Illumination”.

#DAY2

Ayo bangunnn! siap siap mulai perjalanan hari ke dua ini. Pagi hari disarankan untuk pergi ke Hakodate Morning Market atau Asaichi Morning Market (seafood), dimana jaraknya sangat dekat dari area stasiun Hakodate. Disana kamu dapat menyantap berbagai makanan seafood yang sangat segar.

Di Hakodate Morning Market sangat terkenal dengan Kepiting Hokkaido (King Crabs), ada juga berbagai jenis kepiting seperti kepiting berbulu dan lain sebagainya.

Setelah menyantap berbagai kepiting dan seafood lainnya. Kembali ke hotel dan bawa barang bawaan karena selanjutnya kamu akan explore Sapporo. Pergi ke stasiun JR Hakodate (Seat harus booking di stasiun sebelum berangkat. Boleh malam hari saat tiba di stasiun atau setelah makan seafood pagi hari).

Perjalanan menuju Sapporo akan menempuh waktu sekitar 3 jam 24 menit, dengan menggunakan Super Hokuto Limited Express Train. Karena jenis kereta ini termasuk JR Pass, jadi tidak perlu membeli tiket lagi. Cukup dengan menggunakan tiket perjalanan JR Pass kamu.

Selama ada di Sapporo kamu harus ke Shiroi Koibito Factory, lihat langsung pengolahan atau proses pembuatan roti cokelat oleh-oleh khas Sapporo ini. Tidak hanya menjadi oleh-oleh di Sapporo, Hokkaido, tetapi juga telah menjadi oleh-oleh khas Jepang.

Tiket masuk juga sangat terjangkau, hanya 600 Yen. Kamu akan mendapat banyak edukasi di area Shiroi Koibito Factory,

Setelah explore Shiroi Koibito Factory dan tiba kembali di Sapporo, kamu dapat menikmati beragam makanan khas Jepang yang ada di sekitaran Hotel. Clip Jepang merekomendasikan untuk mencoba makan di restoran Sugi No Me (Hotel Okura). Makanan khas Jepang yang ada pada menu akan diantarkan satu-persatu ke meja setiap kali selesai meyantapnya.

Oh iya, ada hotel yang dekat dengan stasiun Sapporo yang bisa kami rekomendasikan namanya Hotel WBF, bagus dan harganya lumayan terjangkau.

Jika sedang travelling pada musim dingin, tentunya kamu tidak ingin kelewatan dengan acara White Illumination atau disebut dengan Winter Illumination. Area Odori Park adalah tempat yang paling dikenal dengan acara Winter Illumination ini.

Sepanjang area taman dan jalan raya umum juga dihiasi dengan lampu. Ditambah udaranya yang sangat sejuk, bikin kamu jadi cepat lapar lagi.

Odori Park

Setelah puas dengan jalan jalan malam di area Odori Park hingga ke area Sapporo TV Tower, saatnya untuk beristirahat di hotel. Karena Adventure #DAY3 masih ada lagi esok hari.

#DAY3

Sapporo Clock Tower telah dibangun sejak tahun 1878. Bayangin! Masih berdiri sampai sekarang, dan itu alasannya kamu harus mengunjungi dan #Clip di Sapporo Clock Tower ini. Banyak dapat edukasi lagi tentang sejarahnya dan tiket masuk juga sangat murah, hanya 200 Yen.

Sapporo Clock Tower ini juga disebut sebagai simbol sejarah dan budaya dari Sapporo.

Selanjutnya dari Stasiun Sapporo, berangkat menuju JR Otaru Station.

Yeiii! Otaru Canal atau kita sebut saja Kanal Otaru benar-benar tempat yang sangat indah dan paling cocok buat yang suka dengan romatis. Terlihat bangunan klasik dan lampu hias disepanjang kanal. Waktu tempuh hanya sekitar 10 menit berjalan kaki dari JR Otaru Station.

Otaru Canal

Setelah menikmati betapa dinginnya di area Otaru Canal, saatnya menikmati makanan paling lezat di Sapporo. Haha..Recommended nih!

Menyantap olahan nelayan Rausu, akan membuat kamu pengen balik lagi kesini. Nama restorannya Hachikyo. Restoran ini sangat padat lho pada bulan Desember, padat jadwal ‘bonengai’ atau year end party. Tim clip Jepang harus ‘waiting list’, namun tentunya tidak mengecewakan meskipun sempat menunggu.

Setelah menikmati makan malam yang tak akan terlupakan, kamu bisa kembali ke hotel untuk beristirahat. Karena #Day4 kamu harus melakukan perjalanan lagi ke Tokyo.

#DAY4

Mungkin kali ini akan menjadi perjalanan panjang, karena kamu akan menempuh waktu sekitar 3 jam 30 menit dari Sapporo Sation ke Shin Hakodate, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tokyo Station.

Selama perjalanan kamu akan melihat betapa indahnya pegunungan es hingga pohon-pohon yang dipenuhi dengan salju. Sambil menikmati perjalanan panjang ini kamu bisa menikmati makanan yang disediakan di Shinkansen.

Kembali melanjutkan perjalanan dengan waktu sekitar 4 jam 30 menit dari Shin Hakodate ke Tokyo Station.

Sama halnya dengan pemandangan selama perjalanan dari Hakodate menuju Tokyo, tidak akan membuatmu merasa ngantuk. Dalam perjalanan ini, kamu akan kembali melewati terowongan panjang nan gelap di bawah laut yaitu Seikan Tunnel.

Tiba di Tokyo, segera ke penginapan dulu. Cari yang dekat dengan Tokyo Station. Tim Clip Jepang saat itu menginap di salah satu hotel sederhana atau semacam homestay di area Okubo. Hanya 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Okubo, dan juga hanya sekitar 10 menit dari Stasiun Tokyo.

#Clip di Shinjuku. Makan malam kali ini bisa kamu explore di Shinjuku. Setelah itu kamu bisa cari tempat belanja di tempat yang super sibuk dan ramai ini.

Setelah belanja dan jalan-jalan di Shinjuku, kamu boleh kembali lagi ke hotel untuk beristirahat. Karena #DAY5 akan explore 2 tempat wisata hits lagi. Museum Ramen dan Aqua City Odaiba.

Shinjuku

#DAY5

#Clip di Shin-Yokohama Rāmen Museum. Museum Ramen ini hanya 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Yokohama. Bagi kamu pecinta wisata kuliner tentunya ramen adalah salah satu list yang kamu cari.

Selain beda lezatnya ramen di museum ini, kamu bisa cari tahu sejarah ramen Jepang sejak zaman dahulu disini.

Shin-Yokohama Rāmen Museum

Setelah menikmati makanan dan beli oleh 0leh dari Museum Ramen, selanjutnya #Clip di Aqua City Odaiba. Dari Stasiun tokyo hanya sekitar 20 menit menggunakan monorail. Pemandangan City Scape yang luar biasa sepanjang perjalanan ini akan membuatmu kagum. Melihat para pebisnis sedang meeting di gedung pencakar langit ini dan menjadi City Tour kamu yang tidak akan terlupakan.

Harga tiket monorail ini hanya …….

AQUA CiTY ODAIBA

Di Stasiun Tokyo terdapat berbagai restoran yang menyajikan makanan khas Jepang. Makanan favorit salah satu tim Clip Jepang selama berada di Stasiun Tokyo adalah Yaki Soba. Bumbu dan kecap yang dicampur di yakisoba ini sangat khas dengan beberapa potongan daging sapi yang diiris tipis.

Jadi kalau sudah #Clip di Tokyo Station, harus cicipi Yakisoba. Setelah itu kamu kembali lagi ke hotel.

clip jepang
clip jepang
clip jepang

#DAY6

Selanjutnya #Clip di 21st Century Museum of Contemporary Art, Kanazawa. Waktu tempuh sekitar 3 jam dari Stasiun Tokyo dengan menggunakan Kazayaki Shinkansen. Setelah tiba di museum kontemporer ini, terdapat koin loker untuk barang bawaan. Kamera dan telepon genggam tidak diperbolehkan dibawa kedalam museum, hanya beberapa spot yang bisa di foto, selebihnya harus dilihat secara langsung.

21st Century Museum of Contemporary Art
21st Century Museum of Contemporary Art
21st Century Museum of Contemporary Art
21st Century Museum of Contemporary Art
21st Century Museum of Contemporary Art

Setelah mengunjungi Museum Kontemporer Kanazawa, selanjutnya kamu harus #Clip di Higashi Chaya District. Berada di Higashi Chaya ini kamu bisa menikmati suasana kota tua Jepang. Penuh dengan rumah-rumah kuno dan berbagai restoran tradisional.

Higashi Chaya District
Higashi Chaya District
Higashi Chaya District

Setelah explore Museum Kontemporer Kanazawa, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan Kanazawa loop bus. Dalam waktu sekitar 10 menit kamu akan sampai di Kastil Kanazawa. Saatnya kamu #Clip di Kanazawa Castle.

Menjelajahi area Kastil Kanazawa memang tidak cukup dalam sehari, apalagi mempelajari segala yang ada di dalamnya. Mulai dari, Taman, arsitektur, sejarah hingga budaya. Tapi, paling tidak kamu sudah lihat langsung. Jadi tidak hanya denganr cerita saja.

Tiket masuk ke dalam kastil hanya …….

Kanazawa Castle
Kanazawa Castle
Kanazawa Castle
Kanazawa Castle
Kanazawa Castle

#DAY7

  1. Dari  Stasiun Okubo, gunakan JR Yamanote Line ke  Stasiun Tokyo
  2. Selanjutnya dari  Stasiun Tokyo gunakan JR Tokaido ke  Stasiun Odawara. Di Stasiun Odawara kamu bisa beli tiket Hakone Free Pass seharga 4000 Yen dan bisa menggunakan semua fasilitas yang disediakan seperti Hakone Tozan Train, Hakone Tozan Cable Car, Hakone Ropeway, Hakone Sightseeing Cruise. Namun bisa juga beli tiket terpisah, contohnya tidak ingin menggunakan Cruise, jadi harga tiket mungkin lebih murah.
Ōwakudani
Hakone Ropeway
Ōwakudani
Lake Ashi
Hakone Ropeway

Owakudani dapat dilihat langsung dengan menggunakan Hakone Ropeway, Tepat di pemberhentian pertama kamu bisa turun dan lihat dengan jarak dekat sumber panas gunung aktif ini menggunakan teropong koin.

Untuk explore Yoyogi Park, kamu harus menggunakan JR Yamanote Line dan berhenti di  Stasiun Harajuku. Tepat di depan stasiun ini adalah tempat belanja paling top. Belanja dulu lah baru ke Yoyogi Park!

Dari Harajuku, hanya 10 menit kok jalan kaki ke Yoyogi Park. Jadi masih sempat beli oleh-oleh dari Harajuku dulu.

Yoyogi Park salah satu area White Illumination atau Winter Illumination yang paling populer di area Tokyo, Terdapat sekitar 500.000 lampu LED yang dinyalakan mulai dari pukul 6:30 malam hari dan tentunya pengunjung sangat merasa antusias melihat keindahan itu.

Yoyogi Park
Yoyogi Park
Yoyogi Park