Menu

Udon dan Soba

Udon and Soba adalah dua makanan yang mirip. Udon merupakan mie yang terbuat dari tepung terigu, sementara soba terbuat dari tepung dan bubuk biji soba yang digiling. Di Jepang Timur, biasanya kuah sup udon berbahan dasar kedelai, warnanya gelap, dan memiliki cita rasa yang kuat. Bagaimana dengan soba di Jepang Barat? Disana kuah sup soba berbahan dasar rumput laut kering dengan warna bening dan cita rasa lembut. Soba dapat disajikan panas dan dingin. Soba panas, mie nya ada di dalam kuah sup, sementara soba dingin mie nya terpisah dengan kuah supnya. Mie dingin dijepit dengan sumpit dan dicelupkan ke dalam kuah sup yang dingin.

Kamu mungkin merasa asing dengan mie dengan kuah dingin, tetapi orang Jepang suka dengan soba dingin ini. Bahkan, soba dingin lebih popular dibandingkan soba panas.

Hot Udon

Cold Udon

Hot Soba

Cold Soba

Bagaimana cara memakan Udon dan Soba?

Sejak kecil kita diajarkan untuk memakan mie tanpa suara ‘sluurp’, khususnya diIndonesia, Eropa, dan Amerika. Akan tetapi, di Jepang tidak menjadi larangan. Mengejutkan memang, cara makan mie yang benar adalah dengan menyedotnya disertai suara ‘sluurp’ suara ‘sluurp’. Ada pepatah yang menyatakan jika aroma soba sangat lembut, jadi jika kamu menyedotnya dengan bersuara, aromanya akan menyebar dan terhirup melalui mulut lalu dihembuskan melalui hidung. Kamu bisa merasakan aroma yang lebih dalam lagi. Ayo keluarkan suara ‘sluuuurp” dan jangan malu!

Tips:  Ada seorang wanita, putri seorang pemain baseball di Jepang. Dia orang Jepang, tetapi tinggal di Amerika untuk waktu yang lama. Setelah dia kembali ke Jepang, dia bertunangan dengan orang Jepang dan diumumkan melalui media. Akan, tetapi setelah 3 bulan mereka memutuskan ikatan pertunangannya. Dia memiliki alasan terkait dengan soba “Saya tidak tahan dengan suara ‘sluurp’ saat menyedot soba…”

Banyak orang Jepang yang tidak tahu bahwa suara ‘sluurp’ membuat orang dari negara lain merasa tidak nyaman. Jadi, ketika TV mempublikasikan berita ini, banyak orang Jepang yang sama sekali tidak bisa memahami maksud wanita tersebut.