Menu

Sushi

Variasi Sushi

Kamu pasti sudah tahu jika sushi merupakan makanan otentik Jepang.  Biar bagaimana pun, akan terasa aneh dan asing jika kamu makan ikan mentah. Sushi menjadi makanan Jepang paling terkenal di dunia karena sudah banyak orang yang sadar akan kesehatan dengan memilih makanan segar terutama di Amerika dan Eropa.  Di sini, saya akan mengenalkan 3 variasi sushi.

Nigiri zushi

Nigiri artinya “genggaman”.
Ikan mentah dilapisi oleh nasi.  Pada penyajiannya, dibutuhkan berbagai jenis ikan.

Maki zushi

Ikan mentah atau sayuran di dalam nasi yang digulung kemudian gulungan nasi tersebut ditutupi oleh rumput laut.

Gunkan maki

Pada penyajiannya terlihat seperti nigari zushi dan maki sushi yang biasa. Akan tetapi, coba lihat gambar, ada telur ikan salmon mentah dan urchin sea

Mungkin kamu pernah melihat sushi seperti di bawah ini yang disebut California roll?

Penyajian yang menarik, lezat rasanya, lebih mudah dimakan, tetapi sulit kamu temukan di Jepang. Seperti namanya, California roll mengacu ke negara Amerika. Ketika seseorang membuka kedai sushi di Amerika, dia akan menyadari bahwa orang Amerika tidak suka warna hitam pada rumput laut dengan ikan mentah besar di dalam nasi.

Jadi, dia memasukkan rumput laut di dalam nasi dan mencoba menggunakan lebih banyak sayuran. Hal ini membuat sushi lebih popular di Amerika dan menyebar ke seluruh dunia, Sayangnya, sushi ini sulit ditemukan di Jepang.

Dua Tipe Restoran Sushi

Ada dua tipe restoran sushi di Jepang.
Pertama, kedai sushi tradisional (Sushi- ya) dan sushi yang berputar atau Sushi go-round (Kaiten-zushi).

Kedai Sushi tradisional

Di kedai ini terdapat konter untuk membuat sushi. Dan sang master membuat sushi di dalam konter lalu langsung memberikan sushi kepada pengunjung. Pengunjung dapat secara langsung memesan makanan kepada sang master atau staf lain. Jika kamu tidak tahu apa yang harus kamu pilih, kamu bisa menanyakan kepada sang master menu yang sesuai budget atau yang direkomendasikan sang master (kamu bisa minta ke master “tolong rekomendasikan makanan yang sesuai dengan budget ini”)

Kedai sushi ini biasanya mahal dan memiliki rasa yang lebih least dengan kualitas tinggi. Budget yang harus disiapkan sekitar 500-1000 yen. Jika kamu ingin makan sushi dengan kualitas tinggi, kamu bisa makan sushi di Ginza, Tokyo. Kamu harus menyiapkan uang sebesar 30000 yen untuk sushi ini.

Sushi go-around

Sushi pada dish selalu berputar di atas conveyor belt. Pengunjung bisa mengambil sushi sesuai yang mereka inginkan. Tentu saja, kamu bisa memilih makanan sesukamu lalu makanan akan diantarkan oleh conveyer. Saat ini, restoran sushi berputar yang terkenal telah menggunakan sistem pemesanan melalui komputer dengan layar sentuh, Layar sentuh akan tersedia di depan setiap pengunjung dengan menampilkan gambar, nama, dan harga. Restoran juga menyediakan menu berbahasa Inggris. Jika kamu ingin makan, hanya dengan menyentuh layar dan silahkan pesan makanan yang kamu inginkan.

Harga seporsi sushi sekitar 90-300 yen. Kamu biasanya bisa mengetahui harga berdasarkan warna dari piring, misalnya warna mereah harganya 120 yen, biru 90 yen. Setelah selesai makan, akan ada staff yang datang dan memeriksa nomor pesananmu. Mereka menjumlahkan total harga makananan yang kamu makan.