Menu

Outfit

Bagi kamu yang pertama kali ke Jepang, kamu harus menyiapkan outfit yang sesuai supaya bisa berjalan-jalan dengan nyaman. Kenapa? karena Jepang memiliki 4 musim, otomatis outfit yang akan digunakan berbeda-beda. Di bawah ini akan diberikan contoh baju yang sesuai untuk dipakai di Tokyo dan Osaka selama 1 tahun.

Akan tetapi, jika kamu bepergian ke Hokkaido atau Okinawa, cuacanya akan jauh berbeda. Oleh karena itu, kamu harus mencari informasi yang lengkap sebelum keberangkatanmu.

Bulan: Desember – Januari – Februari

Hawanya dingin. Angin pun kencang. Kamu perlu menyiapkan coat tebal atau jumper untuk menangkal dinginnya angin. Kamu bisa menggunakan syal yang dililitkan pada leher untuk menghangatkan area sekitar leher dan mencegah angin dingin masuk ke dalam tubuh.

Kamu bisa memakai sarung tangan untuk menghangatkan tangan di hari yang dingin. Di Tokyo dan Osaka, salju biasanya tidak turun dengan lebat, jadi kamu bisa menggunakan sepatu yang biasa.

Anehnya, remaja putri Jepang banyak yang hanya mengenakan  rok mini saja di musim yang dingin ini, lho…

Baju: Long john/jumper, Lengan panjang, Sweater, Jaket tebal, Syal/Scarf, Sarung tangan

Bulan: Maret

Di siang hari, baju lengan panjang yang tipis dan hoodie cukup nyaman digunakan. Akan tetapi, untuk pagi, sore dan malam hari, kamu perlu down jacket yang tipis atau jaket biasa yang agak tebal. Tidak perlu syal maupun sarung tangan.

Baju: Long john/jumper, Lengan panjang, Jaket tebal

Bulan: April

Hawanya lebih hangat dibandingkan dengan bulan Maret. Di hari yang cerah, kamu bisa berjalan-jalan tanpa memakai jaket. Akan tetapi, di malam hari, kamu perlu memakai jaket. Jaket yang tipis saja cukup kok.

Pada pertengahan akhir bulan April, suhunya mulai menghangat.

Baju: Long john/jumper, Lengan panjang, Jaket tebal

Bulan: Mei

Sudah hampir tidak ada lagi hari yang dingin. Cukup memakai 1 helai baju yang tipis saja.

Baju: Lengan pendek atau lengan panjang, Jaket tipis

Bulan: Juni

Di musim ini, banyak turun hujan. Suhunya kira-kira sama dengan musim hujan di Indonesia. Musim hujan di Jepang bukan berupa hujan lebat yang berlangsung sebentar, melainkan gerimis berkepanjangan yang terus-menerus selama beberapa jam.

Baju: Lengan pendek atau lengan panjang

Bulan: Juli – Agustus

T-shirt lengan pendek saja cukup

Baju: T Shirt

Bulan: September

Di pertengahan akhir bulan September, hawanya berangsur-angsur menjadi sejuk.

Baju: Lengan Panjang, Jaket Tipis

Bulan: Oktober

Pagi dan malam hari terasa cukup dingin. Akan tetapi, musim ini merupakan musim yang menyenangkan, dan bisa dilalui dengan nyaman. Kamu bisa memakai baju model cut and sew, sweater tipis atau jaket tipis untuk siang hari.

Baju: long john/jumper, Lengan panjang, Jaket

Bulan: November

Di musim ini, semakin banyak hari-hari dimana kamu tidak lagi merasa sejuk, tetapi dingin! Kadang kamu akan merasa memerlukan coat yang agak tebal karena dinginnya cuaca. Atau kamu bisa memakai baju beberapa lapis untuk menghangatkan badan.

Baju: long john/jumper, Lengan panjang atau sweater, Jaket atau jaket tebal

Jika bepergian di musim dingin, sebaiknya kamu menyiapkan down jacket yang tipis. Selain cukup menghangatkan, ia mudah dilipat menjadi kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam pouch.

Untuk bulan Desember – Februari pun, kamu bisa memakai sweater sebelum memakai down jacket ini. Ditambah sarung tangan dan syal, pasti cukup nyaman untuk menghadapi dingin.

Untuk bulan Maret – Mei, dan September – November, kamu bisa memilih tipe rompi tanpa lengan seperti di bawah ini.