Menu

Manpuku-ji

Description

Description

Terdapat sebuah kuil di Gunung Obaku yang terletak di Uji, Prefektur Kyoto yaitu Kuil Manpuku-ji. Kuil Manpuku-ji ini didirikan pada tahun 1661 oleh biksu Cina yang bernama Yinyuan Longqi dengan muridnya yang bernama Muyan. Yinyuan Longqi (Ingen Ryuki) berasal dari Cina, selain menjadi biksu ia juga menjadi seorang penyair, dan kaligrafi. Yinyuan Longqi di Jepang juga dikenal karena telah mendirikan sekolah Obaku Zen dan Kuil Manpuku-ji di Jepang bersamaan dengan murid biksunya Muyan (Mu’an).

Kuil Manpuku-ji ini dibangun mengikuti gaya arsitektur Dinasti Ming, yang mewakili gambar abstrak seekor naga. Yang membedakan dari kuil lainnya, kuil ini memiliki pengaruh Cina Ming dan imam kepala dari kuil ini adalah orang Cina selama tiga belas generasi. Arsitektur Ming tersebut bisa dilihat dari tempatnya yang terlihat luas, terdapat jalur yang besar dengan lentera berlapis emas yang menggantung di jalan seperti koridor yang tertutup.

Didalam kuil ini juga terdapat Kaipan atau Gyoban, yaitu papan ikan yang terbuat dari kayu yang bisa dijadikan alat music perkusi kayu. Biasanya alat ini digunakan oleh para biksu dalam tradisi Budha Mahayana yang digunakan selama ritual yang dibarengi dengan pembacaan mantra atau teks budhis lainnya. Gyoban ini juga secara tradisional digunakan untuk memanggil biksu untuk berkumpul makan. Papan ikan ini berada di aula utama yang menjadi symbol popular dari kuil ini dan masih digunakan hingga sekarang. Beberapa masyarakat mengatakan bahwa dibuat dalam bentuk ikan karena ikan dikatakan tidak pernah menutup mata, dan bahwa kewaspadaan diperlukan dalam kehidupan biara.

Selain Gyoban Kuil Manpuku-ji ini juga memiliki koleksi lengkap tulisan suci Buddha yang diselesaikan pada tahun 1678 dan terdiri dari sekitar 60.000 blok pencetakan yang masih digunakan. Produksi pencetakan tersebut didanai oleh sumbangan yang dikumpulkan di seluruh negeri selama bertahun-tahun. Terdapat pula beberapa patung Buddha di dalamnya dan patung utama dari kuil ini adalah Buddha Gautama yang duduk.

Biaya masuk ke Kuil Manpuku-ji ini untuk umum sebesar 500 JPY, untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar 300 JPY. Kuil Manpuku-ji ini buka setiap hari pada pukul 09:00 sampai 17:00, tetapi untuk pintu masuknya tutup hingga 16:30. Untuk menuju ke Kuil Manpuku-ji ini anda bisa menaiki JR Nara Line atau Keihan Uji Line dan kemudian bisa turun di Obaku Station, kemudian berjalan kaki selama 5 menit menuju Kuil Manpuku-ji.

Komentar

Komentar

Contact

Contact
  • Address
    Jepang, 〒611-0011 Kyoto Prefecture, Uji, Gokasho, Sanbanwari−34
  • Phone
  • Category
    Kuil
  • Location
    Kyoto
  • Tags
    google, holiday, jepang, Kuil, Kyoto, localguides, menpukuji, traveling

Informasi Tambahan

Informasi Tambahan
  • Prefektur
    Kyoto
  • Nama Kota
    Uji

Location

Manpuku-ji
Get directions

Contact

Manpuku-ji
  • By Febriana Ay Permatasari
  • Email: febrianaayupermatasari@gmail.com

Nama (*)

Username (*)

Alamat Pengiriman Gift(*)

Telepon (*)

E-mail (*)

Events

Manpuku-ji
No Events Found

Ratings

Manpuku-ji

Berikan Rating

0

0 Total
Deskripsi
Artikel
0.0%