Menu

Kebun Tulip Tonami

Description

Description

Ketika kita mendengar kata tulip pasti yang ada di pikiran sebagian besar orang mungkin adalah Belanda. Ya negeri kincir angin tersebut memang terkenal dengan budidaya bunga tulipnya. Tapi tulip tersebut bukan berasal dari belanda loh, melainkan dari Turki. Dulu bunga tulip hanyalah bunga liar yang tumbuh di pegunungan negara Asia Tengah seperti Kazakhstan. Hingga kekaisaran Ottoman terpikat dengan keindahan bunga tulip dam mulailah membudidayakannya pada sekitar tahun 1000 dan perlahan tulip naik tahta dari bunga liar menjadi bunga kerajaan yang akhirnya menjadi bunga nasional negara Turki.

Varian bunga dengan nama latin tulipa ini sekarang sudah ada sekitar 3000 jenis dengan berbagai metode pengembangan dan Belanda mengklaim jenis bunga tulip terbaik. Nama bunga tulip sendiri berasal dari Bahasa Turki, “Turban” yang berarti penutup kepala yang dipakai para lelaki Turki di zaman kekaisaran Ottoman. Kata itu diambil karena bentuk bunga tulip yang belum mekar mirip dengan turbannya lelaki Turki. Lalu kenapa bisa dikenal di Belanda ?

Pada tahun 1594 bunga tulip dikenal di Negara Belanda. Oghier Ghislain de Busbecq, duta besar Konstantinopel memberikan hadiah bibit bunga tulip kepada ahli botani Belanda, Carolus Clusius. Kemudian Clusius menanam bibit tulip itu di Hortus Botanicus of Leiden, Taman botani tertua di Eropa. Setelah itu bunga tulip menjadi sangat popular di Belanda dan sampai terjadi Tulipomania alias demam bunga tulip. Sehingga tahun demi tahun Belanda mulai bereksperimen dengan bunga tulip dan menemukan jenis baru sehingga sampai akhirnya dibukalah Taman Bunga terbesar di Dunia, Keukenholf pada tahun 1949.

Sekarang bunga tulip sudah terkenal dimana-mana bahkan sudah ada Festival bunga tulip dan wisata-wisata taman bunga tulip termasuk di Jepang. Kebun tulip di Jepang bernama kebun tulip Tonami di Toyama. Tonami merupakan salah satu wilayah di Jepang yang tidak punya bukit dan gunung. Semua wilayah kotanya datar, penuh dengan sawah dan kebun bunga. Tanaman tulip mulai diperkenalkan sejak tahun 1918. Saat itu tulip mulai ditanam di sebuah kebun pribadi masyarakat. Seiiring berjalannya waktu penduduk Tonami mulai membuka lahan dan menanam tulip. Kebun Tonami mulai dibangun dengan system terasiring. Selain untuk menguatkan tanah, system ini membuat para pengunjung bisa menikmati kebun bunga ini dari berbagai sudut.

Taman Tonami ini juga sering mengadakan Festival Bunga Tulip. Festival Bunga Tulip ini biasanya diadakan bulan April sampai Mei, dan banyak wisatawan yang datang untuk melihat Festival Bunga Tulip tersebut. Anda bisa berkeliling dan menikmati keindahan bunga tulip sambal mencoba makanan tradisional yang dijual dikios makanan sekitar taman seperti, es krim rasa cumi-cumi dan es krim rasa bunga, membeli oleh-oleh, bahkan ada juga pertunjukan anak muda Tonami yang menyanyi dan menari. Terdapat pula bangunan galeri Tulip di Tonami atau disebut Tulip Shikisaikan. Galeri tersebut berisi proses pembudidayaan bunga tulip, jenis dan ragam spesies dari bunga tulip serta sejarah bunga tulip di Tonami.

Memasuki taman tulip Tonami anda perlu membayar biaya masuk sekitar 310 Yen untuk dewasa, 250 Yen untuk umur 65 tahun keatas, dan 150 Yen untuk pelajar SMP dan SD. Untuk ingin ikut serta dalam festival tulip Tonami, bisa datang di akhir bulan April hingga awal Mei ke Tonami. Taman Tonami buka pada pukul 09:00 sampai 18:00. Untuk bisa menuju ke taman Tonami, dari pusat Kota Takaoka, kita bisa naik kereta JR Johana Line dari Stasiun Takaoka sampai Stasiun Tonami dengan waktu sekitar 25 menit dengan ongkos tiket 240 Yen. Dari Stasiun Tonami anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit ke arah timur laut dari Stasiun Tonami.

Komentar

Komentar

Contact

Contact
  • Address
    Tonami Tulip Park, 1-32 Hanazonomachi, Tonami, Toyama Prefecture, Japan
  • Phone
  • Website
  • Category
    Park
  • Location
    Toyama
  • Tags
    april, bagus, beautiful, belanda, bunga, festival, good, google, indah, jepang, kebun, localguides, mei, mewah, murah, park, prefektur, taman, tonami, Toyama, tulip, turki

Informasi Tambahan

Informasi Tambahan
  • Prefektur
    Toyama
  • Nama Kota
    Tonami

Location

Kebun Tulip Tonami
Get directions

Contact

Kebun Tulip Tonami
  • By Febriana Ay Permatasari
  • Email: febrianaayupermatasari@gmail.com

Nama (*)

Username (*)

Alamat Pengiriman Gift(*)

Telepon (*)

E-mail (*)

Events

Kebun Tulip Tonami
No Events Found

Ratings

Kebun Tulip Tonami

Berikan Rating

0

0 Total
Deskripsi
Artikel
0.0%