Menu

Otomatis Eksis dengan akses internet di Jepang

Wisatawan tentunya tidak asing dengan proses ‘unggah-unduh’ foto di media sosial. Ada kenikmatan tersendiri ketika kamu bisa terhubung dengan jaringan internet lalu bisa membagikan momenmu selama di negara lain. Setuju? Sudah pasti! Kamu hidup di era ‘sosialisasi’ yang mana segala sesuatunya patut dipublikasikan. Dengan demikian, tentu saja internet termasuk dalam prioritasmu selain budgeting.

Ada baiknya kamu mempelajari akses internet di Jepang sebelum ke sana. Hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat tetap terhubung dengan internet. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Jepang terkait dengan akses internet.

  1. Wifi spot gratis
  2. Kartu SIM
  3. Wifi router

Akses internet yang ada di Jepang bisa kamu pilih sesuai dengan aktivitasmu disana. Jika kamu tidak berencana ada di Jepang dalam waktu yang lama dan tidak banyak membutuhkan akses internet, kamu cukup memanfaatkan wifi spot gratis.

Free WiFi

Siapa yang tidak tertarik ketika mendengar atau melihat kata ‘gratis’? Hampir semua orang menginginkannya termasuk jika ada spot wifi gratis. Koneksi ini dapat digunakan oleh beberapa device sekaligus, meskipun tidak sepenuhnya berjalan lancar. Umumnya, wistawan dari Indonesia mungkin terbiasa dengan akses internet gratis di café atau restoran. Akan tetapi jangan coba-coba mengandalkan internet gratis jika pergi ke Jepang. Di Jepang, wifi spot gratis hanya berpusat di kota besar seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Di Tokyo, misalnya koneksi wifi bisa kamu dapatkan di dalam bus dengan Toei Bus atau di vending machine bertanda khusus. Kamu tidak bisa langsung tersambung ke jaringan wifi, namun harus registrasi terlebih dahulu. Saat banyak pengguna yang mengandalkan spot ini, otomatis koneksinya akan ‘on-off’, selain itu permasalahan pada sistem keamanan juga menjadi kendala.

Free WiFi Japan

Layanan free WiFi ini disponsori oleh NTT East atau hanya tersedia di area timur Jepang. Wisatawan dapat menggunakanan layanan ini selama 14 hari, gratis, hanya dengan menunjukkan paspor kamu. Layanan ini menjangkau area luar dan dalam Tokyo, seperti Tokyo, Hakone, Mt. Fuji, Yokohama, Nagano, Nikko, Kusatsu, Tohoku, Hokkaido. Kamu bisa menggunakan layanan ini untuk separuh dari wilayah Jepang hanya dengan menggunakan satu ID.

Japan Connected free WiFi

Koneksi dengan layanan ini menjangkau 144,000 AP dengan 92,000 spot dan tersedia di 145 stasiun subway yang ada di Tokyo. Kamu dapat menikmati WiFi gratis di seluruh Jepang dengan cara melakukan registrasi pada aplikasi ini. Setelah mendapatkan ID, kamu bisa mendownload aplikasi ini. Berikut panduan untuk mengunduh aplikasi wifi gratis ini.

  • Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di negara asal melalui Google Play dan App Store. Pastikan kamu terhubung dengan internet. Tidak perlu khawatir dengan bahasa yang ditampilkan. Aplikasi ini menyediakan layanan bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Thailand, Spanyol, Prancis, Jerman.
  • Silahkan mensetting aplikasi ini ketika tiba di bandara. Layanan ini tersedia di 8 bandara antara lain Narita, Haneda, Osaka, Okinawa, Sendai, Saga, New chitose, Kagoshima dan suite lounge ANA.
    wifi
    *update pada 25 Mei 2016, 2:50 pm http://www.ntt-bp.net/jcfw/area/index.html
  • Isi form registrasi pada layar smart phone kamu dengan lengkap. Kamu bisa langsung mengisi alamat e-mail, nama, jenis kelamin, usia, atau mendaftar melalui facebook.
    wifi
  • Kamu bisa  tersambung ke jaringan dengan menekan tombol ‘search’ pada aplikasi setelah selesai mendaftar. Lalu, perhatikan spot Wi-Fi yang tersedia pada layar. Kamu bisa langsung menuju ke spot Wi-Fi terdekat.
    wifi wifi wifi
  • Tekan tombol ‘connect’ pada layar lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
    wifi wifi

Free Wi-Fi Guide

Di bandara Narita, kamu bisa mendapatkan free wi-fi bahkan sebelum kamu mendapatkan akses internet tanpa registrasi. Free Wi-Fi Guide adalah nama fasilitas tersebut yang sudah tersedia di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 bandara Narita.  Ada beberapa prosedur pengaturan yang disesuaikan dengan perangkat/device milik kamu.

Bagi kamu pengguna Android, berikut adalah tahapan untuk mengaktifan free Wi-Fi di Narita.

  1. kamu hanya perlu meng-klik fitur ‘Settings’, lalu klik ‘Wi-Fi’ dan aktifkan fungsinya ‘On’, dan pilih ‘free Wi-Fi-NARITA’ dari daftar jaringan yang tersedia.
  2. Tahap selanjutnya, buka suatu website pada internet browser, maka secara otomatis kamu akan masuk pada halaman pembuka dengan logo Free Wi-Fi Narita. Pilih bahasa yang akan kamu gunakan pada sebelah kiri atas dan klik pada fitur ‘connect to the internet’.
  3. Tahap terakhir adalah dengan membaca petunjuk penggunaan dan kebijakan privasi lalu klik tombol ‘agree’. Koneksi kamu sudah aktif dan kamu sudah bisa terhubung ke internet dan bisa mengakses website lain.

step-1-wifi-travel-guidefree-wifi-guide-step-2step-3

Sama halnya dengan Android, tahapan awal untuk mengaktifkan Wi-Fi gratis pada iPhone/iPod toch/iPad terbilang singkat dengan meng-klik setting, aktifkan, dan pilih jaringan ‘free Wi-Fi NARITA’. Tahap kedua dan ketiga pun sesuai dengan gambar di atas.

Pada windows kamu hanya perlu meng-klik ikon jaringan pada kanan bawah layar dan pilih ‘connect to wireless network free Wi-Fi-NARITA’ untuk terhubung dengan Wi-Fi gratis. Berbeda posisi menu dengan Windows, pada MacOSX kamu mengaktifkan jaringan Wi-Fi dengan meng-klik fitur yang ada di bagian atas layar dan selanjutnya kamu bisa memilih jaringan ‘free Wi-Fi Narita dari list tersebut. Tahapan-tahapan selanjutnya juga tetap sama seperti gambar di atas.

Travel Japan Wi-Fi Free

Selain kedua aplikasi diatas, ada aplikasi travel Japan yang dilengkapi dengan spot traveling bagi wisatawan. Kamu tidak perlu khawatir ‘mati gaya’ karena tidak tahu kemana tujuanmu selama di Jepang. Aplikasi ini bisa jadi solusi praktis untukmu.

wifi

  1. Silahkan unduh applikasi melalui App store (iPhone) dan Google Play (Android). Lalu, aktifkan WiFi pada perangkatmu. Bagi pengguna Android, kamu harus membaca dan menyetujui persyaratan dalam menggunakan aplikasi ini. Sementara, untuk pengguna iPhone, install profil untuk menyelesaikan pengaturan awal.
  2. Hotspot bisa diakses secara otomatis setelah kamu melengkapi persyaratan sebelumnya. Dokumentasi waktu bisa kamu lihat pada layar Lalu kamu bisa memilih hotspots favorit untuk menampilkan rute, petunjuk jalan, dan rinciannya.
    wifi
  3. Setelah mengaktifkan WiFi, otomatis perangkat akan terhubung ke hotspots terdekat. Jika tidak ada hotspots terdekat yang dapat diakses, muncul notifikasi ‘No spot WiFi, lalu kamu bisa pindah ke area lain.
    wifi

Rental smartphone dan Beli SIM card

Tidak semua koneksi free wifi dapat diakses meskipun kamu sudah mengunduh aplikasinya. Hal ini disebabkan oleh sistem komunikasi di Jepang yang mengedepankan bundling. Jika kamu ingin membeli handphone di Jepang, maka kamu harus taken kontrak selama 2 tahun. Rumit bukan? Jadi, seperti yang telah disebutkan diatas, untuk wifi spot pun kamu harus terkait dengan salah satu provider dengan cara registrasi melalui e-mail. Itu pun sebelumnya kamu harus sudah terhubung dengan jaringan internet agar bisa sign in. Lalu harus bagaimana?

  1. Rental smartphone
    Ketika kamu tiba di pintu kedatangan bandara, ada berbagai booth yang menawarkan rental smartphone. Kamu bisa menyewa smartphone yang dilengkapi dengan paket internet, selain itu fasilitas untuk telepon juga tersedia. Kamu hanya perlu membayar tagihan telepon melalui kartu kredit (Visa atau Mastercard) yang terdaftar saat mulai menyewa. Bagi kamu yang menerima telepon dari luar Jepang pun tidak dikenakan biaya. Biaya sewanya? Bervariasi tentunya. Ada biaya rental ditambah biaya pemakaian. Biaya rental per hari sekitar 250-1000 Yen, contohnya rental iPhone di Softbank sebesar 250 Yen per hari tidak termasuk paket data dan asuransi. Lalu biaya pemakaian sekitar 70-200 per menit. Di Rentafone Japan biaya paket sewa sebesar 3900 Yen untuk minggu pertama, setelah 7 hari hingga 20 hari ke depan, sekitar 300 Yen per hari. Kamu bisa membaca info selanjutnya melalui website Rentafone. Ketika kamu akan pulang ke Indonesia, smartphone ini bisa dikembalikan di bandara seluruh Jepang.
  2. Beli SIM card
    Kamu yang akan pertama kali pergi ke Jepang, mungkin, berpikir kartu sim dari Indonesia dapat kamu gunakan di Jepang. Faktanya, tidak semua kartu sim dari Indonesia dapat digunakan di Jepang, terlebih untuk akses internet. Jika kamu dapat menggunakan kartu simmu, maka kamu harus siap dengan tagihan biaya yang ‘membengkak’. Berikut ini daftar biaya roaming provider Indonesia yang bisa kamu gunakan di Jepang.
Provider Internet Telepon ke Indonesia SMS ke mana saja Harga Masa Paket aktif
Telkomsel Simpati  3 in 1 roaming 7 hari 7 hari Gratis 30 menit Gratis 30 sms 600,000 IDR 7 hari
XL pass zona 1 Per hari 7,000 per menit 150,000 IDR Per hari
INDOSAT IM3 Per hari 15,000 per menit 7,500 per sms 149,000 IDR Per hari

*telkomsel simpati dan XL bekerjasama dengan operator Softbank di Jepang

* Indosat IM3 bekerjasama dengan operator NTT DoCoMo dan Softbank di Jepang

Perlu diketahui bahwa ponsel yang kamu gunakan juga harus kompatibel dengan jaringan seluler di Jepang, yaitu 3G dan 4G. Ponsel ini yang dapat digunakan melalui roaming internasional atau kartu sim atau sewa prabayar dari operator Jepang, dan ponsel yang memanfaatkan jaringan wifi untuk layanan internet telepon seperti Skype.

Jika kamu merasa boros apabila menggunakan paket roaming internasional dengan kartu sim Indonesia, sebaiknya kamu membeli kartu SIM Jepang. Kartu SIM di Jepang sudah ditentukan biayanya oleh provider. Ada 3 pilihan kartu SIM yang bisa kamu pilih untuk kebutuhanmu selama di Jepang.

  Visitor SIM card B-Mobile OCN mobile One Prepaid SIM for Visitor Docomo NTT
Fasilitas Internet Internet Internet
Periode Penggunaan 14 hari 14 hari 15 hari
Voice amount
Data amount Unlimited 4G & 3G 100 MB/hari  4G & 3G 1,5 GB 100 MB/hari 4G & 3G
Tempat beli Online stores & Retail, Yodobashi Camera (Toko penjual alat elektronik, AION (Supermarket), Dosupara (Toko PC), bisa dikirim ke kantor pos Bandara Online store, Kantor Pos di bandara Narita, Kansai, Fukuoka, Haneda, Kagoshima, Chubu, New Chitose Docomo shop, Sudah ada yang jual di online shop Indonesia (olx.co.id)
Harga 2,380 JPY include tax 3,780 JPY include tax 400,000 IDR
Website http://www.bmobile.ne.jp/english/step.html http://service.ocn.ne.jp/mobile/one/visitor/en/product/ https://www.nttdocomo.co.jp/english/support/procedure/simcard/other/
Step 1 Masukkan kartu SIM pada smartphone kamu, atur APN Sign up melalui website diatas Masukkan kartu SIM pada smartphone kamu
Step 2 Buka website dan kamu akan diminta untuk mengaktivasi. Masukkan nomor paspor, nama, tanggal lahir, dan e-mail. Masukkan kartu SIM pada smartphone kamu Atur APN yang tertera pada paket
Step 3 Tunggu selama 5 menit dan restart perangkat kamu. Atur APN pada smartphone. Kamu akan terhubung dengan jaringan internet Selamat terhubung ke jaringan internet

*upadate pada 6 Mei 2016, 4:09 PM WIB

wifi

Kamu bisa mengakses internet dengan sinyal yang kuat saat menggunakan kartu SIM ini. Meskipun demikian, kartu SIM ini hanya dapat digunakan untuk mengakses internet pada satu perangkat saja dan  nomor pada kartu SIM tidak bisa digunakan untuk menelepon. Jadi, kamu hanya bisa mengandalkan telepon gratis melalui social media.

Sewa WiFi router

Jika kamu merasa kesulitan saat harus mengatur ulang APN dihapemu atau registrasi kartu SIM, kamu bisa menyewa WiFi router atau WiFi portable. WiFi router ini bisa kamu order sebelum kamu tiba di Jepang. Kelebihan dari Wifi router antara lain bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus atau digunakan oleh beberapa orang, jangkauan luas, bisa digunakan dalam kapasitas besar dengan kuota besar, dan praktis. Berikut ini beberapa WiFi router yang direkomendasikan dengan harga hemat.

  Ninja WiFi by global WiFi

Telecom

Square

Pupuru, Y! Mobile, AU WiFi Walker SewaWiFi Japan Wireless H.I.S Light plan softbank
Tarif 900 JPY + tax per hari 12.95-14.95 USD/hari

400 JPY/hari

800 JPY/hari

684,000 IDR/7 hari 2,800 JPY 570,000IDR

Batas

Kecepatan

1 GB/hari

366 MB/hari

10GB/bln

10 GB

No data limit

Unlimited Unlimited 7 GB
Paket Sistem kuota Sistem Kuota Sistem Kuota Sistem kuota Sistem kuota Sistem Kuota
Tempat pengambilan Pick up service Bandara Pic up service Hotel, Bandara Pick up service Bandara, Lokasi penginapan Ambil di store SewaWiFi Indonesia Pick up service di Hotel, Kantor pos bandara Datang ke cabang H.I.S terdekat
Layanan Bahasa Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin Bahasa Inggris Bahasa Inggris Bahasa Inggris Bahasa Inggris Bahasa Inggris
Battery & device 10 jam, 10 devices 11 jam, 9 devices 12 jam, 10 devices 10 devices 12 jam, 10 devices 9 jam, 5 devices
Website http://townwifi.com/en/ http://telecomsquare.co.jp/ http://www.pupuru.com/en/service/emobile/ http://sewawifi.com/ http://japan-wireless.com/ http://his-travel.co.id/pocket-wifi

Panduan menyewa dan mengembalikan wifi router

clip jepang - wifi 8

  1. Pupuru
    Bagi kamu yang ingin menyewa Pupuru wifi router hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi form aplikasi online pada website, menelepon, atau mengirim fax. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dan tagihan akan langsung dibayar bersamaan dengan penerimaan formulir aplikasi order. Kemudian, kamu dapat mengambil wifi router yang diorder dimana pun yang kamu inginkan, contohnya di konter bandara atau di tempat penginapanmu. Setelah kamu gunakan, kamu bisa mengembalikannya dengan cara memasukkan wifi router ke dalam amplop oranye yang telah disediakan oleh provider lalu masukkan ke dalam kotak pos. Ingat! Kembalikan sesuai tanggal yang telah ditentukan dan pastikan router dalam keadaan tidak aktif. Jika kamu telah mengembalikan, maka kamu akan dikenakan denda 100 Yen per hari.
    wifi
  2. Telecom Square
    Kamu bisa order melalui website Telecom square, reservasi bisa dilakukan sesuai standar waktu Jepang 5 hari sebelum kamu menentukan tanggal pengambilan. Perangkat dapat diambil di konter bandara. Selanjutnya, kamu bisa langsung menggunakan perangkat. Ketika kamu akan meninggalkan Jepang, kembalikan perangkat ke konter bandara, lalu silahkan bayar tagihan dengan menggunakan kartu kredit.
  3. Ninja WiFi
    Ninja WiFi dapat kamu sewa dengan melalui cara yang sama dengan Telecom square. Kamu harus mengisi form aplikasi untuk order, lalu kamu dapat menerima wifi router di konter bandara. Wifi yang telah diterima sudah dalam keadaan battery terisi penuh, jadi bisa langsung kamu gunakan. Router bisa dikembalikan ke tempat semula. Pembayarannya dapat dilakukan setelah kamu mengembalikan router.
  4. SewaWiFi
    Silahkan isi formulir pada website SewaWiFi, berikutnya kamu akan dihubungi oleh tim SewaWifi untuk mengonfirmasi pesananmu.  Kamu dapat mengambil router 2 hari sebelum keberangkatan di kantor SewaWiFi. Setelah kembali dari Jepang, kamu bisa mengembalikan router ke SewaWiFi.
  5. Japan Wireless
    Saat kamu mengubungi pihak Japan Wireless, kamu harus menanyakan stok wifi router yang tersedia. Jika mereka memiliki stok, maka kamu bisa langsung order dan bayar menggunakan kartu kredit. Lalu kamu bisa mengambil perangkat di hotel atau kantor pos bandara. Setelah selesai menggunakannya, kamu bisa mengembalikan dengan menggunakan amplop pengembalian dan dimasukkan ke dalam kotak pos.
    wifi
  6. H.I.S Light Plan Softbank
    Bagi kamu yang ingin menyewa wifi router Light Plan Softbank dari H.i.S, kamu bisa langsung menghubungi H.I.S Jakarta call centre dengan nomor 021-574 1701.
    wifi
    Perhatikan sistem pembayaran dari ke enam provider. Pupuru, Japan Wireless, dan H.I.S meminta pembayaran di muka, sementara Telecom Square, Ninja Wifi, dan SewaWifi saat pengembalian.
    Bagaimana? Menarik bukan? Kamu tidak perlu pusing memikirkan cara terhubung dengan internet selama di Jepang. Kamu bebas memilih untuk memanfaatkan spot wifi gratis, membeli kartu SIM, atau menyewa wifi router. Selamat bersenang-senang dan jangan lupa untuk unggah momenmu!