Menu

Yen dalam genggaman: Tak ada money changer, ATM pun jadi

Are you ready to chill out in Japan? 

Saat kamu menyatakan sudah siap, otomatis masalah finansial menjadi prioritasmu. Pada prinsipnya, sebelum bepergian ke luar negeri, kemana pun itu, kamu perlu menukar uang sesuai mata uang negara yang dituju, meskipun begitu ada orang yang lebih suka menukar rupiah ke dolar AS dibandingkan ke mata uang negara yang dituju. Hal ini disebabkan oleh nilai tukar dari dolar yang (biasanya) lebih tinggi dan selalu lebih berharga dari rupiah. Kios money changer atau kios penukaran mata uang asing menjadi andalan wisatawan untuk menukar mata uang. Kamu bebas memilih tempat penukaran uang di kios money changer Indonesia atau langsung di negara yang dituju. Akan tetapi, prinsip tersebut sebaiknya tidak digunakan ketika kamu akan pergi ke Jepang.

Dimana money changer?

Berdasarkan pengalaman wisatawan yang berkunjung ke Jepang, mereka kesulitan untuk menukar uang tunai yang mereka miliki. Di Jepang, jarang ditemukan  kios money changer, bahkan di public space seperti shopping district hingga stasiun sekali pun. Minimnya jumlah kios money changer di Jepang mungkin disebabkan oleh masalah perizinan usaha. Jika kamu menemukan kios money changer seperti di lorong bawah tanah pintu keluar barat stasiun Shinjuku, harap perhatikan lokasi dan jadwal operasional kios tersebut. Lokasi kios money changer yang berlisensi dapat kamu temukan di Narita International Airport. Kios money changer diakhir pekan beroperasi dalam waktu singkat yaitu buka pukul 11.00 siang dan tutup pukul 17.00 sore.

Sulitnya menemukan kios money changer menjadi kendala yang harus dihindari saat kamu di Jepang. Kembali pada prinsip awal yang telah diutarakan, penukaran uang sesuai mata uang negara yang dituju ada baiknya diikuti. Pasar valuta asing di beberapa negara Asia Tenggara yang kompetitif menyebabkan nilai tukar Yen di Jepang tidak memberikan keuntungan dengan selisih besar. Jadi, kamu sebaiknya menukar rupiah dengan Yen di Indonesia saja.

Uang Tunai

Jepang memiliki reputasi sebagai cash-based society sehingga kamu disarankan untuk membawa uang tunai sebanyak mungkin. Restoran, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum seperti taksi masih ada yang tidak menerima pembayaran dengan debit atau kartu kredit. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir apabila tidak menemukan kios money changer di Jepang. Pada situasi yang mendesak, kamu dapat melakukan penukaran uang di bandara, kantor pos, hotel-hotel besar, dan bank.

A. Penukaran uang di Bandara

Salah satu bandara yang kami rekomendasikan adalah Bandara Internasional Narita. Di bandara ini, kamu dapat menukar uang di konter bank-bank besar atau konter valuta asing. Nilai tukar mata uang di bandara Narita akan sedikit berbeda dari satu bank ke bank lain, sehingga kamu sebaiknya berkeliling untuk menemukan harga tebaik dari nilai mata uang kamu. Kamu dapat mengamati table kurs harian untuk mata uang utama di situs web bandara Narita. Tarif yang ditampilkan di bandara Narita sesuai dengan tarif Bank of Tokyo Mitshubishi UFJ.

a. Kantor Pos di Bandara

Kamu dapat menukar uang tunai di kantor pos yang ada di bandara. Bandara Narita memiliki kantor pos di terminal 1 dan 2. Kamu tidak perlu khawatir dengan nilai tukar kantor pos karena nilai tukar kantor pos di bandara Narita sama dengan kantor pos di seluruh Jepang. Meskipun begitu, konter penukaran uang di bandara biasanya tidak memiliki tarif yang menguntungkan.

B. Penukaran uang di bank

Di Jepang ada beberapa bank umum yang memudahkan kamu untuk menukar uang antara lain bank MUFG, Mizuho, SMBC, dan Japan Post bank. Jadwal operasional bank yaitu Senin-Jum’at pukul 9.00 pagi hingga 15.00 sore dan tutup pada hari libur. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir kelengkapan data sesuai paspor, tetapi tidak perlu khawatir, formulir dapat diisi dengan mengunakan bahasa Inggris. Nilai tukar pada bank-bank tersebut biasanya hanya untuk dolar AS dan Euro. Apabila kamu memiliki uang tunai dolar AS, kamu dapat menukarnya dengan Yen di bank-bank tersebut.

C. Daikokuya dan Travelex

Selain di kantor pos dan bank, kamu dapat menukar uang di Travelex dan Daikokuya. Daikokuya menawarkan fasilitas menukar barang menjadi uang, mungkin seperti pegadaian di Indonesia, tempat menjual atau membeli sesuatu yang bernilai tinggi. Cukup banyak item yang dapat dijual atau dibeli di Daikokuya antara lain tiket kereta api, voucher, emas, mata uang asing, gadget (iPads), kartu telepon, hingga perangko secondhand. Daikokuya hanya menyediakan mata uang asing tertentu seperti USD/EUR/CAD/GBP/RMB/AUD/KRW/TWD/HKD/SGD/THB dengan penukaran dari uang tunai ke tunai. Kamu dapat menemukan konter ikonik berwarna oranye ini di Asakusa, Shibuya, Shinjuku, Akihabara, Kichijoji, Kyoto, Osaka, Fukuoka, dan Hiroshima.

Loket atau mesin Travelex di Jepang melayani penukaran mata uang asing yang lebih variatif hingga IDR. Travelex dilengkapi dengan penukaran menggunakan kartu kredit VISA/ Mastercard/JCB dan bonus pengumpulan poin tiket pesawat. Jika kamu tidak ada di dekat lokasi yang disebutkan di atas, kamu tidak perlu khawatir, keduanya memiliki beberapa cabang di Tokyo dengan penawaran harga yang kompetitif.

D. Penukaran uang di hotel

Konter penukaran uang juga dapat kamu temukan di hotel-hotel besar, contohnya hotel Hilton di Shinjuku. Konter tersebut memiliki tarif dan jadwal operasional yang sama dengan bank. Menurut pengalaman beberapa wisatawan, keberuntungan mungkin akan berpihak pada kamu jika menukar uang pada hari Minggu. Kamu beruntung karena konter menggunakan tarif nilai tukar penutupan untuk hari Jum’at atau Sabtu. Menukar uang di konter hotel menjadi salah satu alternatif yang mudah dan cepat.

a. Mesin otomatis kurs mata uang

Beberapa hotel seperti Citadines Central Shinjuku Tokyo dilengkapi dengan mesin penukaran uang otomatis. Mesin diletakkan di lobi hotel sehingga mudah dijangkau oleh tamu hotel. Penukaran dengan menggunakan mesin ini masih terbatas pada dolar AS dan Yen.

clip jepang - money changer 3

www.tokyoconsult.blogspot.co.id

Money Exchanger USD EUR AUD GBP
Rate Rate Rate Rate
Travelex 112.04 127.37 91.04 168.55
Daikokuya ** ** ** **
MUFG Bank 109.96 124.85 81.41 161.43
SMBC 110.00 124.30 80.70 158.50
Mizuho Bank 109.83 124.53 81.99 161.22
Japan Post Bank *** *** *** ***

*Tokyo cheapo exchange rates last updated 17 Mei 2016, Selasa

**Variasi rate dari tiap cabang

*** Rate tertera di tempat

Bagi pengunjung atau wisatawan yang akan melakukan perjalanan singkat di Jepang, penarikan uang tunai melalui ATM adalah hal yang efektif dan efisien untuk dilakukan. Kamu dapat menarik uang tunai Yen dari rekening bank menggunakan ATM di Jepang.

E. Penarikan uang tunai dengan ATM

Sebelum melakukan penarikan tunai dengan menggunakan mesin ATM, sebaiknya kamu terlebih dahulu memastikan kartu debit/kredit kamu memiliki logo penggunaan internasional. Selain itu, sebaiknya kamu menghubungi bank kamu untuk menginformasikan tanggal keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan pada transaksi internasional.

money changer

ATM MUFJ Dapat digunakan untuk debit BCA

a. Sesuaikan Logo

Logo yang berlaku di mesin ATM Jepang antara lain Visa, Master, Plus, Cirrus, American Express, JCB, Union Pay, Discover, dan Dinners Club International. Penarikan uang dengan kartu debit Indonesia seperti BCA dan Citibank dapat dilakukan di ATM tertentu, kartu BCA (Bank Central Asia) dapat digunakan di ATM MUFJ dan kartu Citbank di ATM Citibank. Informasi detail bisa dilihat melalui link ini.

money changer

Perhatikan logo                 Dok.pribadi

b. ATM JP dan ATM 7bank

Penarikan uang tunai yen dengan menggunakan debit yang berlogo Visa atau Cirrus hanya dapat dilakukan di mesin ATM JP (Japan Post Bank) milik pemerintah Jepang dan ATM 7Eleven, contohnya kartu debit/kredit BNI (Bank Negara Indonesia). Kartu debit/kredit BNI memiliki logo Cirrus sehingga dapat digunakan di 2 mesin ATM tersebut. ATM 7bank dapat kamu temukan di setiap store 7Eleven dengan transaksi 24 jam, sementara ATM JP hanya tersedia di kantor pos dengan jam operasional terbatas. Pencarian lokasi ATM 7bank dapat dengan mudah dilakukan dengan mengunjungi websitenya. Website ini dapat berfungsi sebagai ATM locator. Pada laman website tersebut kamu akan dipandu untuk memasukkan nama ATM, lokasi stasiun, alamat, dan seterusnya. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan wilayah dan provinsi, comtohnya wilayah Kansai yang memiliki mesin ATM di provinsi Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, dan Wakayama. Mesin ATM berikutnya yang dapat digunakan adalah VIEW ALTTE. Mesin ATM ini dapat ditemui di stasiun jalur JR East Jepang, namun dengan transaksi terbatas. Logo Plus, Visa, JCB, Cirrus, dan Mastercard saja yang dapat digunakan pada mesin ini.

c. Kartu Kredit

Transaksi keuangan atau metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dapat diterima di hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan besar. Logo yang paling banyak diterima adalah Visa dan Mastercard. Dalam melakukan transaksi keuangan baik penarikan tunai maupun pembayaran dengan kartu kredit, sebaiknya kamu bijaksana. Kamu harus memperhitungkan jumlah uang yang akan diambil karena akan dikenakan biaya tambahan pada tagihan anda untuk valuta asing sebesar 1-3% ditambah dengan biaya dari hotel apabila menggunakan kartu kredit.

d. Panduan Penggunaan ATM

Bagi kamu yang pertama kali datang ke Jepang tentunya butuh panduan untuk menggunakan ATM. Berikut ini panduan yang bisa kamu pelajari sebelum menarik uang tunai di ATM Jepang.

  1. Perhatikan layar mesin, tentunya dilengkapi tulisan dengan huruf hiragana dan kanji, yang mungkin tidak kamu pahami.
  2. Tenang, tidak perlu panik dengan huruf kanji. Pada bagian layar kanan bawah ada fitur English Guide. Silahkan kamu tekan.
  3. Sekarang bahasanya sudah bisa dipahami kan? Muncul kata sambutan pada layar ATM ‘Welcome’.
  4. Lalu, kamu bisa memilih transaksi yang diinginkan. Silahkan tekan pilihan menunya.
  5. Jika kamu ingin mengambil uang bisa ditekan bagian kanan atas, lalu akan muncul tampilan ‘Passbook Card’
  6. Kamu diperintahkan untuk memasukkan kartu atau buku bank.
  7. Masukkan kartu atau buku bankmu ke lubang yang ada diatas, posisinya dihadapan wajah kamu.
  8. Kamu akan dikejutkan dengan lampu ‘kelap-kelip’ berwarna hijau. Lubang sebelah kanan untuk kartu dan sebelah kiri untuk buku bank.
  9. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan password.
  10. Lalu kamu diminta menentukan jumlah Yen yang akan diambil.
  11. Setelah menekan kata ‘Okay’, mesin akan mengeluarkan uang. Jangan lupa, ambil uang dan kartu serta bukti slip pengambilan uangmu.
ATM bank post

ATM di Kantor Pos

Menu English Guide

Menu Transaksi

Opsi Buku Bank atau Kartu ATM

Posisi Buku bank dan Kartu ATM

Jepang memang menyediakan tempat menukar mata uang asing dengan tarif rendah, akan tetapi penukaran mungkin dapat menguntungkan jika anda memiliki uang tunai dolar dan ditukar ke Yen. Hal ini tentu berbeda dengan nilai tukar rupiah, maka sebaiknya kamu menukar rupiah dengan Yen di money changer Indonesia. Berikut kami sarankan money changer yang bisa kamu kunjungi dengan tarif yang ‘bagus’. Ingat, Don’t shop till’ drop, ya! Selamat terhibur!

Money Changer JPY
PT Cahaya Utama Dwi Vallas 120.00
PT Tri Tunggal 123.00
PT Pundi Mas 123.60
PT Ayumas Gunung Agung 123.25
Dua sisi money changer 123.00

*update pada 18 Mei 2016 11:33 am WIB

Money Changer di Indonesia

PT Pundi Mas 

Diakses melalui http://en.pundimaspbv.web.indotrading.com/ pada 5/18/2016 11:33

Tri tunggal money changer
Blok-M Plaza Lantai 2 No. 233, Jalan Bulungan No. 76, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Phone:0882-1354-7919
Hours: 10AM–9PM

PT Cahaya Utama Dwi Vallas
Mid Plaza 2 Lt.1, Jl. Jend. Sudirman No.10-11, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Phone:(021) 5735674

Ayumas Gunung Agung
Jl. Kwitang 37-38 Jakarta 10420
(021)3103374, 3103375, 3144025
Fax : 3103282

Dua Sisi Money Changer
Jl.S Parman Kav 68, Slipi, Jakarta Barat, 11410
Phone: 021-5332929/ 021-5331919
Email: Info@duasisimoneychanger.co.id